Misteri Santet Situbondo

Kata Pakar Saluran Cerna Soal Benda Aneh di Perut Pria Asal Situbondo


Hendro Wijatmiko mengeluh sakit perut selama 3 hari. Pemeriksaan rontgen menyebut ada benda aneh di dalam perutnya. Simak komentar pakar saluran cerna berikut.

Jakarta, Hendro Wijatmiko mengeluh sakit perut luar biasa selama 3 hari. Pemeriksaan melalui rontgen menunjukkan adanya benda aneh di dalam pria asal Situbondo ini.

Benda apa saja yang ada di dalam perut Hendro Wijatmiko? Saat diteliti dokter RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo, dalam perut pria berusia 30 tahun itu, diketahui terdapat beberapa benda mirip paku, uang logam, sendok, garpu, bahkan juga ada yang menyerupai pisau.

Mengomentari hal ini, pakar saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menyebut secara umum, memang adanya benda asing di dalam perut seseorang disebut sebagai corpus alineum. Namun pada umumnya, yang lazim terdektsi adalah benda-benda kecil.

"Misalnya gigi palsu, itu bisa masuk ke dalam perut, atau sikat gigi, ini biasanya yang tanpa sengaja tertelan," tutur dr Ari saat dihubungi detikHealth.

"Tapi kalau paku, koin logam atau silet, ya bisa-bisa aja mungkin ya, mungkin, karena pasien mengalami gangguan jiwa. Yang agak sulit itu gunting atau pisau," tambahnya lagi.

Dijelaskan dr Ari, saluran cerna memiliki klep atau katup. Klep ada di bagian kerongkongan dan lambung, dan fungsi buka tutupnya terjadi secara otomatis ketika ada makanan. Benda-benda besar seperti gunting atau pisau menurutnya akan sulit untuk masuk ke saluran cerna.

Apalagi berdasarkan foto rontgen yang beredar, letak benda-benda tersebut berada jauh di dalam perut. Kemungkinan besar, benda-benda tersebut tertanam di dalam perut pasien, sehingga menyebabkan sakit perut.

Hasil rontgen menyebut ada benda mirip paku hingga koin logam di dalam perut HendroHasil rontgen menyebut ada benda mirip paku hingga koin logam di dalam perut Hendro Foto: Ghazali Dasuqi

"Kalau dari fotonya mungkin benda-benda itu nubles ya, jadi tertanam. Nah tertanam di dalam usus atau di dinding usus itu kita nggak tahu, karena saya juga tidak melihat hasil foto rontgennya secara langsung," tutupnya.

Benda Aneh di Dalam Perut Hendro akibat Santet atau Ditelan Sendiri

Situbondo - Spekulasi bermunculan saat di dalam perut Hendro Wijatmiko (30) diketahui ada benda asing mirip pisau, paku, uang logam, sendok dan garpu. Di antaranya, ada dugaan Hendro menelan sendiri benda-benda itu atau disantet.

Mengingat, kondisi si pasien yang sering mengalami depresi. Namun, spekulasi menelan benda itu diragukan pihak keluarga pasien.

"Meskipun depresi, tapi saya tidak yakin keponakan saya menelan sendiri benda-benda itu. Apalagi pisau, bagaimana mau ditelan. Pasti sampai di mulut sudah luka. Bagaimana mau masuk tenggorokan dan perutnya," tukas Eli, seorang kerabat pasien di IGD RSUD Situbondo.

Keterangan keluarganya, pasien Hendro Wijatmiko memang sering mengalami depresi sejak duduk di bangku SMA. Depresi itu berawal dari keinginannya membeli bet tenis meja, yang dulu harganya mencapai Rp 500 ribu. Karena dirasa terlalu mahal, ibunya, Siti Hatijah melarangnya.

"Sejak itu dia jadi sering depresi dan marah-marah. Sempat saya bawa ke Rumah Sakit Jiwa di Malang. Bahkan, selama dua tahun selalu nebus obatnya dari sana," timpal sang ibu, Siti Hatijah.

Jika obatnya sudah habis, depresi yang dialami Hendro sering kambuh. Karena itu, untuk mempermudah penanganannya perawatan Hendro dipindah ke sebuah Puskesmas di Situbondo.

"Tapi tidak mungkin anak saya menelan sendiri benda-benda itu. Saya tidak tahu kok bisa ada benda-benda itu dalam perutnya," tukas Hatijah.

Saat ditanya, Hendro terkena sihir atau santet, Hatija tidak berani menjawab dengan pasti. "Kira-kira begitu," dengan ekspresi bingung.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :