Rahasia Terlarang Kopi Sehat Kuat Bergizi Rajin dan Cermat

Buat Penyuka Kopi, Ikuti 10 Tips Ini Agar Bisa Tetap Sehat dan Menikmati Kopi

Jakarta - Penyuka kopi tak bisa lewatkan hari tanpa minum kopi. Agar tetap sehat, ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Banyak penggemar kopi yang kadang merasa bersalah karena sering minum kopi. Karena konsumsi kopi secara berlebihan dapat berefek buruk pada kesehatan.

Sering minum kopi dan tetap sehat bisa dilakukan. Asalkan Anda memperhatikan beberapa hal untuk mengimbangi efek negatif kopi.

Penggemar kopi tak perlu khawatir. Meskipun sering minum kopi badan tetap sehat. Selain minum air putih setelah ngopi, hal-hal berikut ini bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Jika disiasati dengan benar, minum kopi bisa tetap menyehatkan. Dilansir dari timesofindia.com, berikut 10 tips bagi penggemar kopi agar tetap sehat.

1. Jangan minum kopi sebelum jam 10 pagi

Penelitian menunjukan bahwa pada satu jam pertama ketika bangun tidur, tubuh cendrung memiliki tingkat koriston yang tinggi. Hindari meminum kopi dalam waktu ini, karena akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan. Anda dapat menikmati kopi 3-4 jam setelah bangun tidur.

2. Beri jeda saat minum kopi

Penelitian menemukan bahwa konsumsi kafein dalam jumlah kecil, memiliki efek yang lebih besar dibandingkan dengan meminum kopi dalam jumlah banyak di pagi hari.

Karenanya lebih baik minum kopi secangkir dulu kemudian beri jeda waktu untuk cangkir berikutnya.

3. Jangan minum kopi sambil makan

Hindari minum kopi ketika makan berat. Anda bisa konsumsi kopi setelah makan siang ketika mulai mengantuk. Hindari juga meminum kopi saat makan malam, karena akan menggangu waktu tidur.

4. Minum kopi sebelum tidur siang

Minum kopi sebelum tidur siang ternyata merupakan hal yang bagus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi sebelum tidur siang dapat meningkatkan produktivitas yang baik setelah bangun tidur.

5. Selalu minum air putih setelah minum kopi

Usahakan selalu minum air putih setelah minum kopi. Karena kopi memiliki sifat diuretik yang memicu lebih sering buang air kecil. Agar terhindar dari dehidrasi sebaiknya meminum air putih untuk mengganti cairan yang hilang.

6. Ketahui berapa jumlah kafein yang dikonsumsi

Pantau berapa banyak kafein yang dikonsumsi. Sekitar 400 mg kafein per hari dianggap aman untuk orang dewasa. Lebih dari itu dapat menyebabkan iritabilitas, sakit perut dan insomnia.

7. Mempertajam daya ingat

Meminum secangkir kecil kopi setelah belajar atau membaca sesuatu, terbukti dapat meningkatkan ingatan Anda.

8. Meminum kopi sebelum berolahraga

Beberapa ahli gizi mungkin tidak menganjurkan meminum kopi sebelum berolahraga. Tetapi beberapa penelitian menemukan bahwa minum kopi sebelum berolahraga dapat menguntungkan. Tidak hanya membuat Anda lebih termotivasi untuk berolahraga, kafein juga meningkatkan energi dengan menggunakan lemak sebagai bahan bakar.

9. Manfaat kopi dari cara meminumnya

Manfaat kopi tergantung cara meminumnya. Menambahkan susu dan gula justru dapat mengurangi khasiat kopi. Untuk itu coba konsumsi kopi hitam, kopi dengan susu dari tumbuhan asli, seperti susu almond, susu kedelai, dan susu kelapa. Ganti juga, gula dengan madu.

10. Hindari pemanis buatan

Ketika meminum kopi, hindari menambahkan susu untuk memperkaya rasa serta pemanis buatan. Tambahan bahan ini akan memberi tambahan asupan kalori.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :