Rahasia Terlarang Begadang Jangan Begadang Kalau Tiada Artinya

Ini Efek Buruknya Jika Masih Nekat Begadang

Jakarta, Mulai dari karena pekerjaan atau gaya hidup, jam tidur malam seringkali 'dikorbankan'. Dalam jangka waktu panjang, kebiasaan begadang dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan.

Seperti dituliskan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, risiko kesehatan bagi mereka yang kerap begadang bahkan tetap sama meskipun mereka bangun lebih siang keesokan harinya.

"Banyak orang yang tidak mendapatkan cukup jam tidur karena mereka terlambat pergi tidur tapi tetap harus bangun pagi-pagi. Hal ini bisa mengganggu irama sirkadian dalam regulasi metabolisme," ungkap penulis senior studi tersebut, Dr Nan Hee Kim, yang juga sekaligus merupakan seorang ahli endokrinologi di Korea University Ansan Hospital.

Seperti dikutip dari Fox News, penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 1.620 responden berusia 47-59 tahun yang mengambil bagian dalam studi besar di Korea. Para peserta menjawab pertanyaan tentang siklus tidur-bangun, kualitas tidur dan kebiasaan gaya hidup mereka, seperti seberapa sering mereka berolahraga. Mereka juga memberikan sampel darah dan pemeriksaan tubuh guna dinilai massa lemak dan otot tubuh mereka.

Para peneliti kemudian mengelompokkan peserta berdasarkan jawaban mereka; ada 480 orang yang biasa beraktivitas di pagi hari, 95 orang beraktivitas di malam hari dan 1.045 orang lainnya lain-lain.

Disimpulkan bahwa mereka yang terbiasa beraktivitas di malam hari lebih mungkin untuk memiliki kualitas tidur yang buruk dan perilaku tidak sehat seperti merokok, jarang berolahraga dan makan tak sehat di larut malam. Mereka juga cenderung memiliki tingkat lemak tubuh dan trigliserida lebih tinggi.

Orang-orang yang kerap begadang juga ditemukan 1,7 kali lebih berisiko mengidap diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik, yang mengarah pada tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, serta memiliki terlalu banyak lemak perut.

Seperti dikutip dari Livescience, mereka yang kerap begadang juga 3,2 kali lebih mungkin untuk mengalami sarcopenia (hilangnya otot) dibandingkan dengan orang-orang yang banyak beraktivitas di pagi hari.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :