Rahasia Terlarang Bobok Nikmat Bergelinjang di Ranjang

Agar Tidur Lebih Lelap, Hindari Melakukan 6 Hal Ini Sebelum Tidur

Jakarta - Tidur malam yang lelap dan berkualitas merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan agar keesokan harinya tubuh terasa sehat, bugar, dan penuh energi. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan tidur Anda malam ini tidak terganggu karena hal-hal kecil.

Ya, melakukan beberapa kebiasaan tertentu pada malam hari, tepatnya ketika menjelang waktu tidur, diyakini dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Nah, lalu apa-apa saja kebiasaan yang sebaiknya tak dilakukan menjelang tidur? Berikut daftarnya, seperti telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Memainkan ponsel atau gadget

Beberapa studi telah menyebutkan bahwa menggunakan perangkat elektronik seperti gadget, smartphone, atau perangkat sejenis lainnya dapat mengganggu kualitas tidur. Penulis buku 'Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day', Robert Rosenberg, merekomendasikan Anda untuk menghindari paparan cahaya dari perangkat elektronik, termasuk televisi, setidaknya satu jam sebelum tidur.

"Blue light yang dilepaskan oleh komputer, smartphone, tablet, dan TV mencegah produksi melatonin yang membantu tubuh menjadi mengantuk," ungkapnya.

2. Minum obat tertentu

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu setiap hari dan merasa mengalami masalah tidur, konsultasikan kepada dokter Anda apakah konsumsi obat tersebut memiliki efek terhadap pola tidur.

"Efeknya mungkin tak terlalu terlihat, tetapi beberapa obat-obatan kenyatannya dapat membuat Anda tetap terjaga dan waspada selama beberapa jam setelah dikonsumsi," tutur Michael Grandner, PhD, dari University of Pennsylvania.

Sebagai contoh, beberapa antidepresan memiliki efek yang terhadap tidur, sementara obat nyeri dapat berpengaruh terhadap sistem pencernaan dan mengganggu proses tidur juga.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi obat tanpa resep dokter. Apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

3. Minum kopi

Secangkir kopi mengandung kira-kira 80-120 mg kafein per cangkir, itulah mengapa sebaiknya minuman ini sebaiknya dihindari untuk diminum sebelum tidur.

Menurut Gradner, kafein dapat tetap tinggal di dalam tubuh hingga 12 jam setelah diminum. "Bahkan konsumsi kafein saat makan siang efeknya bisa sampai pada waktu tidur bagi sebagian orang," tutur Grandner.

4. Makan cokelat

Selain kopi, tahukah Anda bahwa cokelat juga mengandung sedikit kafein, khususnya dark chocolate? "Orang-orang mungkin tidak terpikir bahwa es krim yang mengandung cokelat atau kopi juga berpotensi membuat mereka terjaga," imbuh Grandner.

Selain mengandung sedikit kafein, cokelat batang diketahui juga mengandung theobromine, yang telah terbukti dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat Anda menjadi sulit tidur.

5. Makan makanan pedas atau berlemak

Makan makanan terlalu banyak dalam jeda yang dekat dengan waktu tidur dapat membuat tidur Anda menjadi terganggu karena rasa tidak nyaman di perut. Ini karena makan terlalu banyak, apalagi jika makanan tersebut pedas dan berlemak, biasanya akan berisiko membuat perut menjadi kembung atau berkaitan dengan refluks asam.

Idealnya, Anda sebaiknya makan malam dengan jeda waktu kira-kira dua jam sebelum tidur untuk memberikan tubuh cukup waktu untuk mencerna.

6. Merokok

Tak cuma buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Merokok juga memberi efek negatif terhadap pola tidur Anda. Banyak orang merokok untuk bersantai dan mendapatkan efek relaksasi, namun nikotin yang terdapat di dalam rokok memiliki efek stimulan dan justru membuat Anda menjadi sulit tidur.

"Jika Anda seorang perokok dan mengalami sulit tidur, mungkin ini saatnya Anda untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan Anda harus berlatih berhenti merokok," lanjut Grandner.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :