Rahasia Terlarang Happy Hour Ranjang Kenikmatan

Agar Tidur Malam Lebih Nyenyak, Yuk Lakukan 'Ritual' Sederhana Ini

Jakarta - Merasa sering sulit tidur di malam hari? Tentu menyebalkan. Sebab seperti diketahui tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh, serta berfungsi meningkatkan kerja otak dan energi untuk hari berikutnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya Anda melakukan beberapa kebiasaan sehat sebelum tidur. Berikut daftarnya seperti telah dirangkum:

1. Miliki 'happy hour'

Yuk biarkan diri Anda memiliki waktu santai selama satu jam untuk menyiapkan tidur malam. Ritual ini bisa berupa meminum secangkir teh hangat yang menenangkan. Selain itu, Anda juga bisa menyebarkan aromaterapi di sekitar kamar serta mendengarkan musik favorit yang dapat membantu Anda terlelap.

Namun, ritual yang Anda pilih harus dilakukan secara konsisten agar otak Anda terbiasa. Otak akan 'membaca' bahwa sudah waktunya tidur saat ritual malam Anda lakukan.

2. Lakukan aktivitas ringan

Tak harus dengan berlari keliling rumah ataupun melakukan pekerjaan rumah yang berat untuk membuat tidur lebih cepat. Menurut National Sleep Foundation, aktivitas ringan seperti latihan aerobik secara teratur selama 10 menit dan berjalan santai secara signifikan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Selain itu Anda juga bisa melakukan peregangan sederhana dan yoga sebelum tidur untuk membantu Anda merasa rileks.

3. Bayangkan tentang tidur

Seperti kalimat Dalai Lama bahwa tidur adalah meditasi terbaik, maka ketika sudah waktunya tidur malam cobalah untuk membayangkan tubuh Anda sedang melepas penat dan stres saat menjalani aktivitas di siang hari.

Kemudian, bayangkan pada keesokan harinya Anda akan menjalani hari yang lebih baik. Ritual ini membantu tidur malam Anda menjadi lebih sehat dan nyenyak.

4. Hindari kegiatan yang 'memaksa' tubuh

Ada beberapa hal yang seharusnya tidak menjadi bagian dari rutinitas Anda sebelum tidur, misalnya memeriksa email kantor, meminum kafein, menonton acara TV, dan membaca novel yang rumit dibaca. Sebaiknya hindari hal-hal yang nantinya akan membuat Anda sibuk dan sulit tidur.

5. Kontak dengan orang tersayang

Pastikan ritual malam Anda dilewati bersama orang tersayang agar suasana lebih rileks, misalnya dengan berpelukan sebelum tidur dengan pasangan atau memberikan ciuman selamat malam pada ibu dan ayah Anda, agar tidur menjadi lebih lelap.

Memiliki ritual sebelum tidur malam Anda secara rutin dapat membantu tidur Anda menjadi lebih cepat. Bahkan, tidur akan menjadi lebih nyenyak sehingga meningkatkan kualitas tidur Anda untuk membangun energi pada aktivitas esok hari. Ritual ini tidak harus rumit. Kuncinya adalah konsisten!

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :