Misteri Neraka di Asia Tenggara

Inikah 'Neraka' di Thailand? 

Di Chiang Rai, Thailand ada objek wisata bernama Baan Dam atau Rumah Hitam . Auranya yang menyeramkan membuat tempat ini dijuluki sebagai 'neraka'. Penasaran?

Konon, di Kota Chiang Rai kita bisa menyaksikan surga dan neraka. Surga yang dimaksud yaitu Kuil Putih atau White Temple, sementara neraka yang dimaksud adalah Baan Dam atau Black House (rumah hitam).

Ditempuh selama 45 menit dari pusat kota dengan menyusuri jalan kecil menuju perkampungan, kita bisa dengan mudah menemui sebuah bangunan yang besar dan hitam.

Bangunan Rumah Hitam dibangun oleh seorang seniman Thailand, Thawan Duchanee. Ketika melewati pintu masuk, kami disambut 2 buah patung raksasa yang diimpor dari Bali, Indonesia. Membanggakan melihat hasil karya anak bangsa dipasang dipintu masuk tersebut.

Rumah Hitam ini merupakan sebuah bangunan kayu yang kokoh terbuat dari kayu jati dan didominasi oleh warna coklat tua dan hitam. Hitam adalah warna favorit sang seniman yang baru saja wafat tahun 2014 lalu.

Menurutnya, warna hitam menggambarkan perjalanan sang Budha ketika berpetualang dan menyaksikan begitu banyak penderitaan umat manusia karena penyakit, umur tua dan kematian.

Tanduk kerbau warna hitam yang besar begitu menguasai ruang masuk museum dan ditata dengan apik. Gelondongan kayu jati tua yang besar menghiasi seisi rumah. Thailand memang terkenal sebagai penghasil kayu jati terbaik di dunia selain Indonesia dan Myanmar.

Di bagian belakang rumah ada beberapa bangunan kecil yang menyimpan beberapa artefak seni yang memang sengaja dipasang oleh sang seniman untuk menggambarkan kehidupan pedesaan khas Thailand. Sekilas sangat mirip seperti di Indonesia.

Untuk berkunjung ke sini tidak dikenakan biaya. Buka dari pukul 09.00-17.00 dan tutup pada saat jam makan siang pukul 12.00-13.00. Di sini ada sebuah coffee shop yang menjual lukisan dan beberapa pernak-pernik dari Bali.

Seperti yang kita ketahui, ukiran dari Bali banyak diekspor ke Thailand karena konon lebih murah harganya dan tentu saja hasil karya yang begitu rapi.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :