Rahasia Terlarang Mengupas Sampai Tuntas

Jangan Kupas Sayuran dan Buah Ini Agar Nutrisinya Tak Terbuang

Jakarta - Tak semua sayuran dan buah harus dikupas kulitnya. Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang justru makin bernutrisi jika dikonsumsi bersama kulitnya. Selain itu juga hemat waktu.

Mengupas dan memotong sayuran dan buah cukup makan waktu. Meskipun kulit sayuran rasanya sedikit keras tetapi nutrisi yang ada di bawah kulit buah justru lebih baik.

Beberapa buah dan sayuran ini sebaiknya tidak dikupas, cukup dicuci hingga bersih dan dimasak serta dikonsumsi bersama kulitnya.

1. Kentang

Kentang goreng, kentang panggang, atau kentang rebus biasanya disajikan dalam keadaan sudah dikupas. Padahal 20% dari nutrisinya seperti vitamin B dan sejumlah mineral ada di bawah kulit kentang. Demikian juga dengan sebagian besar serat. Karena itu sebaiknya konsumsi kentang dengan kulitnya. Cuci di bawah air mengalir sambil gosok hingga tanah yang melekat larut.

2. Terung

Beragam jenis terung, terung hijau, putih, atau ungu enak diolah menjadi beragam sajian. Teksturnya empuk juicy dan mudah dikunyah.

Kulit terung mengandung phitonutrisi yang dsebut nasunin. Antioksidan yang membantu perbaikan sel tubuh dan mencegah penuaan dini. Karena kulit terung tidak terlalu keras sebaiknya makan bersama kulitnya.

3. Ubi manis

Ubi ini ada beragam jenis, yakni ubi kuning, oranye, dan ungu. Rasanya manis dan teksturnya empuk. Enak diolah menjadi beragam kue, camilan, hingga dibuat gulai.

Di bawah kulit ubi ini terletak kandungan vitamin C, betakaroten, dan potassium yang sangat baik untuk tubuh. Ubi manis kulitnya tak terlalu tebal, mirip kentang. Karenanya konsumsi ubi bersama kulitnya.

4. Mentimun

Selain diolah menjadi acar, mentimun yang renyah manis sangat disukai sebagai campuran salad atau minuman.

Kulit mentimun yang hijau tua menganding antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan serat yang baik untuk pencernaan. Meskipun agak keras, mentimun tetap enak dimakan dengan kulitnya.

5. Wortel

Dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk kehatan mata. Rasanya renyah dan manis, karenanya wortel disukai banyak orang. Bisa diolah menjadi minuman, dessert, dan cake, juga aneka sajian gurih.

Di bawah kulit wortel terletak konsentrasi antioksidan yang sangat penting untuk mencegah radikal bebas. Jika dicuci bersih di bawah air mengalir, wortel enak dimakan dengan kulitnya yang tipis.

6. Apel

Kulit apel yang keras dan liat tidak disukai orang. Karena itu apel selalu dikupas kulitnya. Padahal kandungan serat, quercetin, vitamin C, dan triterpenoids ada di bagian bawah kulit apel. Nutrisi ini bermanfaat untuk menumpas sel kanker.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :