Rahasia Terlarang Menghujani Memek Kering Musim Kemarau

Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Jakarta - Salah satu masalah kewanitaan yang paling umum dialami selain keputihan adalah merasa kering di daerah kewanitaan. Kekeringan ini biasanya dialami oleh wanita yang sudah mengalami menopause. Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis yang dipengaruhi oleh tingkat usia seorang wanita.

Pada wanita yang belum mengalami menopause, kulit dan jaringan di sekitar vagina akan terasa kenyal dan lembab. Hal ini dipengaruhi oleh cairan dan lendir yang dibuat oleh kelenjar di leher rahim. Kelenjar ini dipengaruhi oleh estrogen, yaitu hormon wanita yang dapat mempengaruhi jaringan di sekitar vagina sehingga menyebabkan lapisan vagina menjadi lebih tebal dan elastis.

Dengan adanya hormon estrogen di dalam tubuh, membuat produksi lendir ini akan lebih optimal sehingga vagina terasa licin atau basah. Hormon estrogen juga merangsang sel-sel yang melapisi vagina untuk menghasilkan glikogen, yaitu suatu senyawa yang memicu adanya bakteri menguntungkan yang melindungi vagina dari infeksi.

Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG selaku spesialis kebidanan dan kandungan, wanita yang sudah menopause akan mengalami berkurangnya hormon estrogen secara otomatis. Akibatnya, produksi lendir juga menjadi berkurang dan menyebabkan kekeringan vagina yang bahkan bisa menimbulkan iritasi. Berkurangnya hormon estrogen yang dihasilkan oleh ovarium menyebabkan menipisnya jaringan di sekitar vagina. Hal ini dapat membuat daerah kewanitaan terlihat sedikit berbeda dari kondisi sebelum mengalami menopause.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi vagina kering. Salah satunya adalah mengonsumsi hormon pengganti yang dapat diminum berupa pil kb atau oral contraceptives pill. Pil ini merupakan alat kontrasepsi hormonal berupa obat yang berisi hormon estrogen atau progesteron. Selain itu, pemberian obat secara topikal atau mengoleskan secara langsung pada area genital untuk memperoleh reaksi secara langsung dapat berfungsi untuk mengembalikan hormon estrogen.

"Yang perlu kita ketahu, vagina yang kering ini merupakan suatu hal yang alami, jadi jangan terlalu takut. Karena penyebabnya menopause dan faktor usia, vagina yang kering akan terus kering dan tidak bisa dikembalikan kondisinya," ujar dokter kelahiran 27 Mei 1978 ini ketika ditemui Wolipop di daerah Bekasi. Perubahan hormonal yang terjadi selama menopause juga membuat vagina kurang elastis dan lebih kering. Biasanya perubahan ini akan memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk berkembang dan bervariasi pada setiap wanita.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :