Rahasia Tersembunyi Penyakit di Balik Mengatongi Dompet di Bokong !!

Sering Duduk Mengantongi Dompet di Saku Belakang? Waspadai Sciatica

Jakarta, Kebiasaan para pria adalah mengantongi dompet di saku celana bagian belakang. Saat dibawa duduk, kebiasaan ini memicu tekanan pada saraf sciatica. Apa sih bahayanya?

Pakar kesehatan tulang dan sendi dari RS Siloam Surabaya, dr Benedictus Megaputera, SpOT menjelaskan bahwa sciatic adalah nama saraf yang terdapat di sepanjang sum-sum tulang belakang. Saraf ini memanjang hingga kaki, dan jika mengalami tekanan saat duduk bisa menjadi masalah.

"Dompet yang diletakkan di saku belakang bisa mengganggu sciatic nerve karena penekanan tersebut, khususnya saat posisi duduk dengan celana ketat," kata dokter yang akrab disapa dr Ega.

Tapi jangan khawatir, bahaya yang ditimbulkan oleh gangguan pada saraf sciatic umumnya tidak terlalu serius kalau penyebabnya semata-mata hanya dompet di saku celana. Umumnya, keluhan yang muncul hanya seputar kesemutan dan pegal-pegal di daerah pinggang ke bawah.

"Jika lebih parah, biasanya disebabkan bukan karena terlalu lama menyimpan dompet di saku belakang. Tetapi ada masalah lain pada struktur anatomi, misalnya pada bagian tulang punggung," jelas dr Ega.

Berbagai keluhan yang muncul akibat kebiasaan menyimpan dompet di saku belakang sering disebut wallet sciatica. Menurut dr Ega, sciatica sendiri merupakan sekumpulan gejala yang memengaruhi 3 kerja saraf, yakni sensorik, motorik, dan refleks.

Jadi di mana sebaiknya menyimpan dompet. Dengan alasan kesehatan, dr Ega menyarankan untuk menyimpan dompet di dalam tas atau di saku depan. Lagipula, menyimpan dompet di saku belakang cenderung lebih rentan kecopetan.

Wallet Sciatica
Mengantongi Dompet di Saku Belakang Lebih Bahaya Kalau Bokongnya Tepos

Jakarta, Kebiasaan duduk dengan mengantongi dompet di saku celana bagian belakang bisa memicu gangguan yang disebut wallet sciatica. Risikonya lebih besar jika bokong atau pantatnya tepos alias tidak terlalu tebal.

Pakar kesehatan tulang dan sendi dari RS Siloam Surabaya, dr Benedictus Megaputera, SpOT menjelaskan ada 3 faktor yang memengaruhi keluhan akibat menyimpan dompet di saku belakang. Pertama, ketebalan otot pantat dan lemak di daerah tersebut. Makin tebal pantatnya, makin aman dari gangguan saraf.

"Sebenarnya saraf sciatic dilindungi oleh otot pantat dan lemak. Ketebalannya saja yang berbeda-beda," jelas dokter yang akrab disapa dr Ega.

Faktor kedua, ketebalan dan kekerasan dompet. Makin tebal dan keras, makin lama pula tekanan yang dialami saraf sciatic saat duduk dengan mengantongi dompet di saku belakang. Jika muncul keluhan, maka sakitnya pun semakin lama.

Faktor ketiga adalah lamanya duduk. Wallet sciatica atau keluhan pada saraf sciatic akibat mengantongi dompet di saku belakang banyak dikeluhkan para pria yang banyak duduk. Misalnya menyetir jarak jauh, atau seharian berada di depan komputer. Jika memang harus demikian, sebaiknya dompet disimpan di tempat lain.

Sciatic adalah nama saraf yang ada di sepanjang sum-sum tulang belakang. Saraf ini memanjang hingga ke kaki, dan memicu keluhan pegal-pegal hingga kesemutan jika mengalami tekanan. Salah satu pemicu tekanan adalah dompet di saku belakang.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :