Rahasia Terlarang Septic Tank !!!

Tak Pernah Kuras Septic Tank? Tetangga yang Kena Efeknya

Jakarta, Berapa lama sejak terakhir Anda menguras septic tank yang ada di rumah? 5 Tahun? 10 Tahun? Jika iya, segera kuras septic tank Anda sekarang juga. Pasalnya, septic tank yang tak pernah dikuras bukan berarti bagus. Bisa jadi malah septic tank Anda bocor.

Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, dr Wilfried H. Purba, MKes mengatakan bahwa batas maksimal untuk mengurai septic tank adalah 5 tahun. Jika lebih dari 5 tahun dan tak pernah penuh, bisa jadi septic tank tersebut bocor. Imbasnya, kesehatan tanah dan lingkungan rumah bisa tercemar.

"Kalau bocor kan nanti kotorannya merembes ke tanah. Bisa mencemari sumber air kalau pakai pompa. Dan bukan hanya rumah Anda saja, tetapi juga rumah-rumah lain di sekitar, tetangga juga kena efeknya," tutur Wilfried pada wartawan di Gedung Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Jika tercemar, imbasnya adalah kualitas air dan tanah menjadi lebih jelek. Akibatnya, bukan tak mungkin Anda dan tetangga menjadi rentan sakit perut, diare atau penyakit-penyakit lain yang bersumber dari bakteri.

Untuk itu, Direktur Perumahan dan Pemukiman Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Nugroho Tri Utomo, mengatakan bahwa sebaiknya, septic tank dikuras selama dua tahun sekali.

"Meski tidak penuh ya memang sebaiknya dikuras 2 tahun sekali. Maksimal sekali ya 5 tahun. Kalau lebih dari itu pasti bocor," tuturnya.

Kebocoran tersebut tak hanya mencemari sumur air dan tanah warga. Dilanjutkan Nugroho, septic tank yang bocor juga tentunya akan mengalir ke got atau saluran air, yang tentunya akan bermuara ke sungai.

Akibatnya, kondisi sungai pun akan memburuk karena sudah tercemar. Padahal, penyulingan air sungai adalah sumber terbesar akses air bersih masyarakat yang dialirkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

"Kalau di Jakarta saja sungainya sudah limbah semua. 75 Persen limbah yang ada di sungai perkotaan itu limbah domestik, limbah rumah tangga. Bukan limbah industri. Nah, sungai limbah ini yang nantinya akan disuling untuk dialirkan ke rumah-rumah warga sebagai air bersih," tutur Nugroho.

Untuk itu, ia pun mengajak masyarakat untuk lebih memperhatikan kebersihan dan sanitasi lingkungan. Caranya sederhana, dengan tidak buang air sembarangan serta rajin mengurus septic tank.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :