Rahasia Terlarang Tips Sehat Sampai Ajal Menjemput

Hati-hati, Sistem Imun Tubuh Bisa Menurun karena 6 Hal Ini

Jakarta - Sudah rajin cuci tangan tapi masih sakit-sakitan? Bisa jadi penyebabnya bukan sekadar cuci tangan, tapi bisa juga karena sistem imun Anda menurun akibat beberapa hal yang tidak terduga.

Anda patut waspada, pasalnya sistem kekebalan tubuh yang terus-menerus turun bisa membuat risiko Anda terserang penyakit menjadi lebih tinggi. Nah, berikut 5 hal yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Polusi udara

Polusi udara diketahui dapat menekan sel T, yang memainkan peran penting dalam sistem imunitas sel. Penekanan sel T ini diduga dapat meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh.

Solusi: Gunakan masker jika memang Anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan atau malah di pinggir jalan.

2. Duduk sepanjang hari

Tak cuma meningkatkan risiko penyakit jantung dan obesitas, duduk sepanjang hari juga bisa memperlambat tingkat metabolisme Anda. Duduk terus-menerus diketahui dapat mengurangi penyerapan nutrisi yang digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Solusi: Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk duduk terus-menerus, cobalah untuk tetap aktif bergerak dan tetap berjalan-jalan. Setidaknya biasakan untuk bangun setiap 30 menit sekali, misalnya untuk sekadar berjalan-jalan ke luar kantor atau berkunjung ke meja teman.

3. Terlalu banyak memakai kosmetik

Lipstik, foundation dan kosmetik lainnya diserap oleh kulit wajah dan 'tersimpan' sepanjang hari. Nah, beberapa bahan yang dikandungnya seperti sodium lauryl sangat berpotensi untuk berbahaya dan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Solusi: Hindari sebisa mungkin menggunakan kosmetik sepanjang hari, gunakan kosmetik hanya pada momen tertentu saja. Jika memang Anda harus menggunakan kosmetik terus-menerus, pilihlah produk kosmetik dengan bahan kimia yang lebih sedikit.

4. Kurang tidur

Tubuh memproduksi melatonin saat Anda tidur. Nah, tanpa tingkat melatonin yang memadai, sistem kekebalan tubuh tidak dapat menghasilkan sel-sel darah yang cukup untuk melawan bakteri dan virus.

Solusi: Cobalah untuk memiliki setidaknya 7-8 jam waktu tidur setiap malam, termasuk saat akhir pekan. Hindari sebisa mungkin bergadang terlalu sering. Tunda pekerjaan sampai besok hari jika memang waktu sudah terlalu malam dan jangan memaksakan diri menyelesaikannya. Ingat, kesehatan tubuh Anda taruhannya.

5. Stres

Stres kronis sangat merugikan dan membuat kekacauan pada sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini menyebabkan peningkatan produksi kortisol yang berpengaruh pada sistem tubuh itu sendiri.

Solusi: Saat mengalami masalah, hindari terlalu memikirkannya sampai timbul stres. Cari waktu untuk bisa menikmati waktu santai, misalnya untuk yoga, pijat dan aromaterapi, agar tingkat kortisol Anda kembali normal.

6. Kekurangan lemak sehat

Lemak sehat dari ikan dan kacang-kacangan tidak berbahaya bagi kesehatan, seperti jenis lemak lainnya yakni lemak jenuh dan lemak trans. Lemak sehat justru memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap stabil.

Solusi: Tingkatkan konsumsi lemak sehat dari berbagai olahan ikan, almond dan sumber asam lemak omega-3 lainnya.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :