Rahasia Tersembunyi Basmi Setres Di Kantor

Tips Hilangkan Stres dengan Melakukan Meditasi di Kantor

Jakarta - Pekerjaan menjadi salah satu penyebab stress utama yang dialami orang dewasa. Tak jarang rasa tertekan berlebihan yang terjadi karena masalah karir mempengaruhi kehidupan pribadi sampai kesehatan jiwa. Karenanya, banyak pekerja yang mencoba berbagai macam kegiatan demi mengalihkan sejenak perhatian, misalnya olahraga atau meditasi.

Meditasi mungkin bukan kegiatan yang populer dilakukan orang untuk mengusir stress. Kebanyakan dari pekerja mungkin lebih memilih pergi ke mal, berkaraoke atau bermain hand phone. Namun meditasi bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dan hemat untuk menghilangkan penat. Dikutip dari BBC, meditasi bisa menenangkan tubuh dan pikiran, membangkitkan energi, membuat Anda lebih fokus, mengurangi stress dan kecemasan, dan mengubah hidup dan kerja otak ke arah yang lebih baik.

Ingin mencoba meditasi? Mulailah dengan melakukannya di kantor. Meski terdengar tak memungkinkan, kantor bisa menjadi tempat yang tepat karena lebih menantang Anda untuk lebih fokus. Berikut adalah empat tips yang bisa diterapkan jika ingin melakukan meditasi di kantor:

1. Cari Tempat
Terkadang kantor bisa menjadi tempat meditasi yang lebih tenang daripada rumah karena Anda bisa terhindari dari ada gangguan pasangan atau anak. Sebelum melakukan hal ini tentu saja yang Anda harus memberi kabar manajer atau rekan-rekan terlebih dahulu. Ahli karir, David G Allan mengatakan jika Anda bisa berbicara pada staff kantor untuk meminjam sebuah ruangan kosong jika memungkinkan. Carilah ruangan tanpa kaca yang lebih nyaman. Bila tidak tersedia satu pun tempat yang memungkinkan dan kebutuhan meditasi sangat mendesak, terpaksa Anda bisa memakai kamar mandi.

2. Luangkan Waktu
Tentu saja waktu istirahat adalah momen yang tepat untuk melakukan meditasi. David mengatakan jika biasanya Ia mem-booked ruangan selama 30 menit meski hanya bermeditasi selama 10-15 menit. Meski pekerjaan sedang sangat menyita perhatian, meditasi tetap bisa dilakukan. Karena meditasi
bisa membuat pikiran yang sedang rumit menjadi lebih tenang. Anda pun bisa mengerjakan tugas dengan lebih baik, bahkan bisa memunculkan ide-ide yang lebih kreatif.

3. Baca Buku
Untuk melakukan meditasi dengan lebih baik dan sempurna, banyak-banyaklah membaca dan mencari banyak informasi mengenai kegiatan ini. Walaupun Anda pernah bermeditasi sebelumnya, tidak ada salahnya untuk me-refresh kembali tekniknya dengan membaca buku atau artikel terkait, melihat video, mendengar podcast, dan lain-lain.

4. Aplikasi
Jika benar-benar ingin bermeditasi baik di kantor maupun di rumah, ada sebuah aplikasi gadget yang bisa membantu Anda. Adalah Stop, Breath, & Think, aplikasi android, iOS, serta komputer yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Aplikasi ini menghadirkan suara narator yang menenangkan dan bisa sangat membantu meditator awal. Aplikasi tersebut bahkan bisa membuat Anda bermeditasi dengan maksimal dan berkualitas meski hanya dilakukan lima menit.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :