Rahasia Terlarang Jalan Jalan Ke Kota Kota Kecil 1 Hari Pun Jadi

6 Kota Kecil di Indonesia yang Bisa Dikelilingi 1 Hari

Bukittinggi - Waktu yang sedikit tidak membuat liburan berkurang kesenangannya. Banyak kota di Indonesia yang bisa dikelilingi seharian. Berikut 6 kota yang bisa dikelilingi dalam waktu satu hari.

Ada banyak cara untuk menyiasati waktu liburan yang singkat atau padat. Caranya, pilihlah kota yang kira-kira bisa dikeliling dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dikumpulkan detikTravel, inilah 6 kota yang bisa dikelilingi dalam satu hari:

1. Bukittingi, Sumatera Barat

Berada di daratan tinggi Sumatera Barat, Bukittingi menawarkan pemandangan yang cantik dan udara yang sejuk. Kota seluas kurang lebih 25 km ini tergolong kecil dan tenang. Sangat pas jika berkeliling dengan berjalan kaki.

Perjalanan bisa dimulai dengan berjalan kaki ke pusat kota. Di mana terdapat Pasar Atas dan Pasar Bawah yang berada tepat di pusat kota. Berkeliling sejenak sambil melihat lebih dekat bagaimana kehidupan masyarakat lokal di sana.

Selanjutnya bisa mendatangi Lubang Jepang yang merupakan bunker bawah tanah. Bunker sekaligus jembatan ini dibangun oleh Jepang pada saat Perang Dunia II. Letaknya juga masih di pusat kota, tak jauh dari pasar. Satu lagi yang terbaru adalah Janjang Koto Gadang yang bentuknya mirip dengan Tembok Besar China.

Selanjutnya adalah Jam Gadang yang jadi ikon dari Bukittinggi. Dibangun oleh Belanda di tahun 1926, jam ini menjadi objek wisata wajib kunjung hampir seluruh wisatawan. Masih ada lagi Taman Bundo Kanduang dan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta yang bisa didatangi di sana.

2. Wonosobo

Di Jawa Tengah, ada kota kecil nan cantik bernama Wonosobo. Seringnya, kota ini hanya jadi persinggahan para traveler yang ingin ke dataran tinggi Dieng. Padahal, jika ingin berlama-lama sedikit, kota ini punya magnet yang membuat traveler betah.

Kota ini punya pesona yang menenangkan. Mulai dari suasana sekeliling, hingga masyarakat yang tinggal di sana. Jalan raya yang mulus, area pejalan kaki yang luas dan udara yang sejuk menyempurnakan liburan yang ingin berjalan kaki atau naik sepeda.

Alun-alun Wonosobo cukup luas dan ramai dari pagi hingga malam hari. Pasar tradisional berada tak jauh dari alun-alun. Tembok di jalan raya pun ada beberapa yang diisi grafiti, menambah kesan estetika pemotretan. Berkeliling di sini takkan terasa lelah karena cuaca yang sejuk dan cenderung dingin.

3. Ubud

Beranjak ke Bali, kini ada Ubud yang bisa dikelilingi dalam satu hari. Paling asyik keliling dengan sepeda karena Ubud identik dengan kota yang tenang. Jalurnya yang naik turun dan pemandangan yang indah juga membuat momen naik sepeda tak akan terasa melelahkan.

Anda bisa mendatangi barisan terasiring sawah nan hijau, atau museum seni seperti Antonio Blanco. Ingin lebih tenang, bisa mengarah ke Pura Jagaraga yang berada di Desa Jagaraga. Pura yang berumur 130 tahun ini menawarkan suasana yang tenang dan khusyuk.

Masih di Ubud, bisa juga mendatangi Istana Tampaksiring di Gianyar. Meski hanya bisa melihatnya dari luar, namun pemandangan yang tersaji sungguh menggoda mata. Jangan lupa foto-foto di sini ya!

4. Bogor

Dekat dengan Jakarta, ada Kota Bogor yang bisa didatangi untuk wisata seharian. Kota Hujan ini memang sering jadi tujuan banyak traveler asal Jakarta. Bisa dicapai dengan kereta atau kendaraan pribadi, kota ini menawarkan kesejukan yang menggoda.

Yang wajib didatangi adalah Kebun Raya Bogor. Kebun seluas 87 hektar ini memiliki 15.000 jenis pohon, salah satu yang paling terkenal adalah Raflessia arnoldii atau yang dikenal dengan Bunga Bangkai. Ada juga makam-makam kuno dari zaman Belanda yang menarik didatangi.

Selain itu, incaran selanjutnya adalah Taman Kencana. Di sana terdapat berderet kuliner menggoyang lidah. Biasanya traveler yang datang ke sini sekaligus nongkrong karena kafe atau restorannya unik dan nyaman.

Masih di Bogor, Suryakencana jadi tujuan wajib selanjutnya. Di mana terdapat banyak kuliner enak yang terkenal seperti pepes sagu atau bakso kikil. Berkeliling kota seharian di sini sangat mungkin, asal jalanan tidak terlalu macet.

5. Tomohon

Ke Sulawesi Utara, kini ada Tomohon yang merupakan kota cantik di atas bukit. Sering dikenal dengan kuliner ekstremnya, kota ini juga punya pesona menenangkan khas kota kecil. Tak salah jika coba berkeliling kota ini seharian.

Baik naik motor, sepeda atau jalan kaki, Tomohon tetap mampu memesona pengunjungnya. Dikenal juga sebagai kota bunga, Anda akan banyak melihat bunga di sepanjang tepian jalan. Banyak penjaja yang menawarkan bunga potong segar.

Satu pasar yang terlalu sayang untuk dilewatkan adalah Pasar Segar Beriman. Bukan pasar biasa, karena yang dijual di sini adalah hewan-hewan yang tidak biasa. Bayangkan saja, dari daging tikus hingga kelelawar dijual di sini.

6. Cirebon

Terakhir, ada Cirebon di Jawa Barat. Kota kecil yang berjarak sekitar 4 jam dari Jakarta ini menawarkan wisata alam dan sejarah yang sama-sama menarik. Seringnya, kota ini jadi incaran saat akhir pekan atau libur singkat.

Satu destinasi yang wajib didatangi adalah Keraton Kasepuhan yang memiliki sejarah dan kaya budaya. Ada juga Keraton Kanoman yang tak kalah seru untuk didatangi.

Terakhir, kulinernya yang menggugah sering membuat pengunjung enggan pulang. Yang wajib dicoba adalah empal gentong dan nasi jamblang. Nyam!

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :