Rahasia Terlarang Bobok Nikmat Tanpa Bergelinjang Penuh Desah

Susah Tidur Jangan Buru-buru Minum Obat, Coba Dulu 5 Cara Ini

Jakarta, Tidur seharusnya tidak menjadi tugas yang berat. Sebaliknya, tidur seharusnya diprioritaskan untuk mengubah beberapa hal, seperti suasana hati misalnya. Nah, walaupun, tidur 8 jam sehari kelihatannya mudah. Aktivitas tidur, terkadang sulit bagi individu yang memiliki aktivitas segudang. Ada saat-saat di mana delapan jam bahagia itu tampaknya seperti mimpi yang mustahil.

Jika Anda mengalami hal demikian, jangan langsung minum obat tidur ya. Dirangkum dari Huffington Post, berikut 5 cara untuk membantu Anda mendapatkan tidur malam terbaik:

1. Tidur di kamar yang lebih dingin
Studi telah membuktikan bahwa sebagian besar dari kita mendapatkan tidur yang terbaik dalam suhu kamar antara 65 dan 72 derajat Fahrenheit (18 sampai 22 derajat celcius). Pakar juga sarankan penggunaan termostat agar mudah mengukur suhu kamar.

"Saya punya klien yang sering bangun tengah malam karena kamarnya sangat panas, biasanya dia akan melepas pakaiannya," ujar Hoper Gillerman, pakar aromaterapi untuk tidur. "Walaupun terdengar cukup ekstrem, pasien saya dapat tidur lebih nyaman setelahnya," tambahnya.

2. Matikan alarm yang buat bising di pagi hari
Alarm akan membuat Anda stres. Apalagi penggunaan telepon. Para ahli tidur merekomendasikan metode bangun yang lembut, seperti cahaya atau sentuhan.

"Saya mengatur alarm untuk pergi tidur. Saya tidak mengatur alarm untuk bangun," ujar dokter gigi, Mark Burhenne, yang meneliti hubungan antara tidur yang sehat dengan kesehatan gigi. "Sinar matahari alami adalah cara yang terbaik untuk bangun, tidak seperti suara," lanjutnya.

3. Lupakan konsumsi karbo di malam hari
Konsumsi makanan yang mengandung banyak karbo memang membuat Anda mudah mengantuk, tapi tidak membuat Anda tidur dengan nyenyak.

"Makanan berat akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga membuat tidur semakin sulit," kata dokter kulit dan psikiater Army Wechsler.

4. Gunakan aromaterapi di kamar tidur
"Coba gunakan aromaterapi di kamar tidur Anda, tempatkan di sebelah tempat tidur. Aroma dengan sendirinya dapat menjadi terapi karena terhubung ke memori dan bagian emosional otak," ungkap Gillerman.

Adapun aroma yang disarankan oleh Gillerman adalah kayu cendana, adas manis, dan neroli. Dia juga menyarankan minyak yang lebih terjangkau seperti lavender, bergamot, jeruk, dan chamomile. Seperti diketahui, lavender telah lama dipromosikan untuk bantu atasi sulit tidur karena tebukti menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

5. Tidak membiasakan diri untuk begadang
Data dari AS menunjukkan, 30 persen orang dewasa dan 66 persen dari remaja kurang tidur. Kurang tidur sendiri diketahui dapat menyebabkan sulit belajar, penurunan daya ingat dan perubahan mood.

"Dulu suatu kehormatan bagi saya untuk bisa bangun sampai larut malam dan bangun pagi-pagi sekalli agar menjadi produktif. Sekarang saya menggunakan persepsi yang berbeda. Salah satu apresiasi saya terhadap kesadaran akan tidur yang cukup," ungkap Burhenne.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :