Rahasia Terlarang Mitos Salah Bantal Saat Bangun Tidur

Ini Kata Dokter Soal Jemur Bantal Agar Tak 'Salah Bantal' Saat Bangun

Jakarta, Bangun tidur lalu merasakan sakit di sekitar leher sehingga sulit menengok? Sebagian orang menyebutnya dengan sebutan salah bantal. Padahal sebenarnya bukan bantal yang harus disalahkan, melainkan posisi tidur Anda yang tidak baik sehingga menyebabkan rasa sakit dan kaku di sekitar leher.

Nah, orang tua zaman dahulu mengatakan bahwa agar terbebas dari salah bantal, hal yang harus dilakukan adalah menjemur bantal. Lalu bagaimana menurut dokter?

dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran mengatakan bahwa tidak ada pengaruhnya menjemur bantal atau tidak terhadap nyeri dan kaku akibat salah bantal.

"Nggak ada yang seperti itu. Cuma mitos," ujar dokter yang akrab disapa dr Ade tersebut.

Menurut dokter yang juga pengelola akun twitter @IdTidurSehat tersebut, faktor yang paling berpengaruh terhadap alat-alat tidur seperti kasur, bantal, guling, dan selimut hanyalah satu, yakni rasa nyaman yang diberikan ketika menggunakannya.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur salah bantal? Sulit menengok dan rasa nyeri yang ditimbulkan tentunya sangat mengganggu aktivitas. Seperti pernah diberitakan sebelumnya, beberapa tips ini mampu meredakan nyeri akibat salah bantal

1. Jangan bergerak terlalu cepat
Ketika Anda bangun dengan leher kaku, hindari bergerak terlalu cepat. Pastikan Anda terus dalam posisi yang sama untuk mengurangi rasa sakit. Jika ingin bergerak, usahakan pelan-pelan karena bergerak terlalu cepat dapat membuat keadaan menjadi lebih buruk.

2. Mandi air panas atau hangat
Solusi yang lebih baik adalah mandi air panas. Saat mandi, pastikan Anda mengarahkan air panas atau hangat ke bagian leher yang sakit. Air hangat dapat menenangkan otot-otot yang sakit dan bisa sedikit meredakan rasa sakit.

3. Gerakkan kepala melingkar secara perlahan
Saat panas dari air menembus kulit, perlahan gerakkan leher dalam gerakan melingkar. Mulailah dengan menekuk leher ke arah bawah, kemudian perlahan-lahan berputar ke kiri dan kanan. Gerakan tersebut dapat membantu meregangkan otot-otot leher yang kaku.

4. Tidur dengan bantal handuk gulung
Setelah mandi air panas, sakit leher bisa diredakan dengan bantuan bantal handuk gulung. Gulung handuk tebal menjadi struktur tubular. Idealnya, handuk gulung harus cukup tinggi untuk mendukung leher dan posisi tidur dilakukan cukup lama sehingga seluruh lebar leher dapat didukung.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :