Rahasia Tersembunyi Sukses Sembuh Dari Komplikasi Diabetes

5 Cara Ini Bisa Cegah Komplikasi Diabetes

Jakarta, Diabetes merupakan penyakit tidak menular yang menjadi ancaman serius bagi pembangunan kesehatan. Menurut Kementerian Kesehatan pada tahun 2013, penduduk Indonesia yang berusia lebih dari usia 15 tahun yang mengidap diabetes sebanyak 6,9%.

"Kelompok umur yang paling banyak mengidap Diabetes adalah 45 – 52 tahun dengan resiko diabetes yang meningkat seiring penambahan usia. Terutama pada usia di atas 40 tahun," kata Jopie Leksmana, Business Unit Head Diabetes Care PT Roche Indonesia, dalam keterangan tertulis.

Berbeda dengan penyakit lainnya, awalnya penderita diabetes tidak merasakan gejala gangguan penyakitnya. Namun setelah lebih dari 10 tahun, jika kadar gula darahnya tidak dikendalikan, akan timbul komplikasi yang berbahaya.

Diabetes Mellitus dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi yaitu komplikasi akut seperti Hipoglikemia, Keto Asidosis Diabetika (KAD), Koma Lakto Asidosis, dan Koma Hiperosmolar Non Ketotik. Sedangkan komplikasi kronis bisa berujung pada Makroangiopati, Mikroangiopati, Neuropati, dan masih banyak lagi.

Walaupun sulit untuk sembuh, namun diabetes sebenarnya dapat dikendalikan. Caranya adalah dengan mengendalikan angka gula darah, yaitu dengan cara 4 sehat 5 teratur.

"Terapi Diabetes bertujuan untuk menormalkan kembali aktivitas insulin dan kadar glukosa darah. Dengan demikian akan mengurangi terjadinya komplikasi," jelas Jopie Leksmono.

Terapi dibetes 4 sehat 5 teratur yang pertama adalah dengan edukasi diabetes, yaitu dengan mencari informasi dan mengikuti perkembangan diabetes. Kedua, adalah dengan aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan 3-4 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit.

Ketiga, pengaturan pola makan, di mana jumlah kalori dibatasi dengan perbandingan 25 kalori x berat badan untuk wanita dan 30 kalori x berat badan untuk laki–laki.

Kemudian yang keempat adalag terapi obat atau insulin, di mana asupan terapi obat akan dianjurkan oleh dokter sesuai dengan kebutuhan pasien diabetes yaitu obat oral atau insulin.

Kelima, melakukan pemeriksaan gula darah secara mandiri untuk memantau kadar gula darah dalam waktu tertentu.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :