Rahasia Terlarang Jangan Percaya Satu Dokter !!!

4 Pertimbangan Saat Mencari Second Opinion dari Dokter Lain

Jakarta - Saat merasa tidak puas dengan diagnosis seorang dokter, pasien berhak untuk mencari second opinion atau pendapat kedua dari dokter lain. Tidak semua pasien memanfaatkannya, antara lain karena repot dan tentunya butuh biaya ekstra.

Sebagian pasien menganggapnya repot karena berarti harus mengulang pemeriksaan. Padahal tidak selalu demikian, sebab pasien masih bisa menggunakan hasil pemeriksaan dari dokter terdahulu untuk dimintakan penilaian pada dokter lainnya.

"Tentu, harus! Kalau sudah punya hasil pemeriksaan bawa aja, supaya nggak terjadi double pemeriksaan," saran dr Titi Sekarindah, dokter gizi yang berpraktik di RS Pusat Pertamina.

Yang pasti, second opinion sangat berguna bagi yang menginginkan informasi lengkap dan komprehensif tentang kondisi penyakitnya. Bagi yang tidak yakin dengan penyakitnya, pendapat dan masukan dari dokter lain bisa memberi pencerahan dalam menentukan tindakan selanjutnya.

Agar tidak bingung saat mencari second opinion, pertimbangkan beberapa hal berikut ini seperti dirangkum:

1. Pastikan dulu, asuransi menanggung biayanya atau tidak

Bagaimanapun, second opinion membutuhkan biaya ekstra yang tidak semua penyedia asuransi mau menanggungnya. Bagi yang dananya berlebih tentu tidak masalah, tetapi perlu dipertimbangkan juga kalau memang keuangannya terbatas dan asuransi tidak menanggungnya.

2. Cari rekomendasi dokter tepercaya

Rekomendasi dari dokter terdahulu bisa juga digunakan, tetapi boleh juga mencarinya dari sumber lain. Perusahaan asuransi mungkin punya daftar, atau bisa juga meminta saran dari kerabat atau rekan yang pernah mengalami kasus atau penyakit serupa.

3. Ceritakan dengan lengkap dan jujur riwayat periksa

Seperti disarankan oleh dr Titi, sebaiknya bawa hasil pemeriksaan dari dokter terdahulu saat mencari second opinion. Jika perlu, mintalah dokter terdahulu untuk mengirimkan dan memberikan catatan tertentu untuk dokter berikutnya. Informasi yang lengkap dan jujur akan membantu dokter dalam menentukan diagnosis dengan lebih akurat. Pastikan juga, dokter berikutnya sudah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan.

4. Tentukan langkah berikutnya

Begitu mendapatkan second opinion, pasien diharapkan sudah mendapat informasi yang lengkap untuk menentukan langkah berikutnya misalnya apakah perlu operasi, atau menebus obat tertentu. Jika memang masih belum puas, dan masih ada anggaran, lanjutkan mencari third opinion, fourth, dan selanjutnya.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :