Rahasia Terlarang Ngamar Nikmat Di Siang Bolong

Harus Begadang? Tidur Siang Bisa Bantu Perbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Jakarta, Meskipun sudah tahu bahwa begadang dan kurang tidur dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan tubuh, namun karena alasan tertentu masih banyak orang yang 'terpaksa' harus melakukannya. Akali kebiasaan tersebut dengan menyempatkan diri tidur siang ya.

Seperti diketahui sebelumnya, kurang tidur dapat berdampak negatif pada fungsi otak, metabolisme, hormon dan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, penelitian telah menunjukkan bahwa tidur siang 30 menit dapat mengembalikan kewaspadaan tubuh.

Dalam studi ini, peneliti dari Universite; Paris Descartes, Brice Faraut, mempelajari 11 pria muda sehat yang biasanya tidur 7-9 jam setiap malam, tidak merokok dan tidak biasa tidur siang. Dalam dua sesi terpisah, pria-pria ini berpartisipasi dalam sesi tes tidur selama tiga hari di laboratorium.

Selama satu sesi, mereka tidur normal selama satu malam tapi kemudian hanya diizinkan untuk tidur selama dua jam pada malam berikutnya. Kemudian mereka diizinkan untuk tidur selama yang mereka suka pada malam ketiga.

Sesi lain memiliki pola tidur malam yang sama, namun mereka diizinkan untuk tidur siang 30 menit setelah jam tidur malam mereka dibatasi. Tim peneliti lalu mengumpulkan sampel urine dan air liur responden untuk mengukur tingkat norepinefrin. Ini merupakan suatu zat yang biasanya dilepaskan ketika tubuh stres. Hormon ini meningkatkan denyut jantung, pembuluh darah, serta meningkatkan tekanan darah dan gula darah.

Norepinefrin para pria meningkat lebih dari dua kali lipat di sore hari setelah malamnya tidur dengan waktu terbatas, jika dibandingkan dengan saat mereka cukup tidur malam. Namun, tidak ada perubahan dalam norepinefrin ketika peserta diizinkan untuk tidur siang.

Kurang tidur juga memengaruhi molekul kekebalan tubuh yang disebut interleukin-6. Molekul ini menurun ketika responden kurang tidur, namun kadarnya stabil ketika mereka diizinkan untuk tidur siang.

"Durasi tidur siang yang relatif singkat ini bisa menjadi penanggulangan utang tidur," ujar Faraut, seperti dikutip dari Fox News. Ia berharap hal ini bisa kembali diteliti dengan lebih lengkap di kemudian hari.

Meskipun demikian, Faraut tetap mengingatkan bahwa jika memungkinkan sebisa mungkin hindari terlalu sering begadang. Tidur malam yang cukup tetap jauh lebih baik demi menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :