Rahasia Terlarang Pameran Bugil Bergairah

Di Pameran Ini, Pengunjung Wajib Menanggalkan Busana

Biasanya, ketika menghadiri sebuah pameran karya seni, pengunjung kerap berpakaian rapi. Namun, untuk pertama kalinya, Galeri Nasional Australia di Canberra justru mewajibkan pengunjung untuk menanggalkan busana mereka ketika menikmati karya seni seniman populer, James Turrell.

Pameran unik yang digelar oleh Galeri Nasional Australia ini akan menampilkan karya dari seniman terkenal asal Amerika Serikat, "James Turrell: A Retrospective", yang akan mengeksplorasi kecintaan sang artis terhadap cahaya dan lanskap.

Event ini memberi kesempatan bagi para pengunjung untuk menikmati karya seni tersebut dengan tanpa menggunakan pakaian.

Diharapkan, pendekatan yang unik semacam ini akan dapat menghilangkan batas antara karya dari sang artis dan pengunjung.

Seniman kontemporer asal Melbourne, Stuart Ringholt, ikut berkolaborasi dengan Galeri Nasional Australia untuk menyelenggarakan event pameran tanpa malu mendatang.

Ringholt mengatakan, ketelanjangan akan dapat meningkatkan persepsi pengunjung mengenai karya seni mendalam dari James Turrell.

"Karya James banyak terfokus pada cahaya, persepsi, matahari, bulan, dan hal-hal bernada surgawi," katanya.

"Dia memiliki gagasan bahwa kulit itu akan sangat memesona jika bermandikan cahaya dalam bentuk vitamin D sehingga tampaknya cocok sekali," tambah dia.

"Bagaimana mungkin kulit bisa bermandikan cahaya yang diperlukan dalam karya James Turrell jika kita tetap memakai pakaian sehingga masuk akal jika kemudian kita menganggap akan lebih baik jika pengunjung menanggalkan pakaiannya," kata Ringholt.

Dalam kunjungan terakhir Turrell ke Canberra, dia menyarankan pihak Galeri Nasional Australia untuk membolehkan pengunjung berekspresi dengan karya seni ciptaannya sambil bertelanjang diri tanpa menggunakan busana sama sekali, sebagaimana yang telah dia lakukan dalam pameran karya seninya di Jepang.

Galeri Nasional Australia akan menyelenggarakan pameran tanpa busana ini pada 1 April 2015 mendatang dan total telah ada 150 orang yang sudah menyatakan rela menanggalkan busananya untuk menikmati karya James Turrell.

"Museum akan ditutup untuk umum, kecuali orang yang sudah memesan tiket untuk menyaksikan event ini," kata Ringholt.

"Jadi, pameran ini hanya akan dibuka bagi kalangan nudist dan orang yang siap untuk menanggalkan pakaian mereka," ujarnya.

Sejumlah media telah diundang untuk meliput event ini, tetapi bisa memilih untuk menanggalkan busana atau tidak ketika meliput.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :