Rahasia Terlarang Maut Menanti Waktu Kurang Bobok

Perhatikan, Kurang Tidur 30 Menit dalam Sehari Merusak Sistem Metabolisme

Jakarta, Berikan tubuh hak untuk beristirahat meskipun mungkin pekerjaan Anda sedang banyak. Mengurangi waktu tidur malam dalam sehari efeknya bahkan bisa merusak sistem metabolisme tubuh lho.

Hal ini diungkapkan berdasarkan studi dalam pertemuan tahunan Endocrine Society di San Diego baru-baru ini. Disebutkan bahwa kurang tidur 'hanya' 30 menit saja per hari sudah bisa memberikan perubahan pada sistem metabolisme tubuh.

Salah satu peneliti dari Weill Cornell Medical College, Watar, Dr Shahrad Taheri, merekrut 522 pasien yang baru didiagnosis dengan diabetes tipe 2. Responden ini kemudian dikelompokkan menjadi tiga kelompok: kelompok dengan perawatan biasa; kelompok dengan intervensi aktivitas fisik; dan kelompok dengan diet dan intervensi aktivitas fisik.

Sebelum penelitian dimulai, tim juga mencatat tinggi dan berat badan, lingkar pinggang, dan sensitivitas insulin melalui sampel darah puasa mereka. Responden juga diberikan buku catatan tidur mingguan untuk menghitung 'utang' tidur di hari kerja mereka.

Peneliti menemukan pasien dengan utang tidur lebih banyak sekitar 72 persen lebih berisiko untuk menjadi gemuk, jika dibandingkan dengan pasien yang tidak memiliki utang tidur di hari kerja.

Dan setelah enam bulan, utang tidur di hari kerja mereka juga secara bermakna dikaitkan dengan obesitas dan resistensi insulin. Yang mencengangkan para peneliti adalah bahwa setelah 12 bulan, untuk setiap 30 menit dari utang tidur, risiko obesitas meningkat 17 persen dan resistensi insulin meningkat 39 persen.

Diabetes dan obesitas adalah dua penyakit metabolik yang ditandai dengan resistensi insulin. "Mengingat hal ini, temuan memperkuat gagasan bahwa kurang tidur adalah aditif dan dapat berdampak negatif pada metabolisme," ungkap Taheri, seperti dikutip dari Medical Daily.

Ia juga menegaskan bahwa menghindari utang tidur bisa memiliki manfaat positif bagi lingkar pinggang dan metabolisme. Untuk meningkatkan keberhasilan pola hidup sehat, selain pola makan dan olahraga maka pemenuhan jam tidur benar-benar berpengaruh baik.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :