Rahasia Terlarang Kontol Fitness !!

Tak Hanya di Kaki, Varises Juga Bisa Muncul di Alat Kelamin Pria

Jakarta, Varises atau pelebaran pembuluh darah biasanya hanya terlihat di kaki atau betis. Tapi karena kondisi tertentu, varises juga bisa terjadi di alat genital pria.

"Urat yang teraba membesar di kiri testis (buah zakar) kemungkinan adalah varicocele, yaitu pelebaran vena atau pembuluh darah balik. Diagnosis dapat dipastikan dengan pemeriksaan Doppler Ultrasound atau Digital Subtraction Angiography," jelas dr Andri Wanananda, MS, seksolog dari FK Universitas Tarumanegara.

dr Andri menjelaskan, varicocele (varises pada testis) adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar testis, terutama di sebelah kiri, mengalami kelainan dan akhirnya menghasilkan panas. Varicocele mirip dengan varises vena yang dapat terjadi pada kaki.

Varicocele adalah penyebab umum dari produksi sperma yang rendah dan penurunan kualitas sperma, yang dapat menyebabkan infertilitas alias kemandulan. Namun, tidak semua varicocele mempengaruhi produksi sperma. Varicocele juga dapat menyebabkan testis menyusut.

Varicocele sering tidak menghasilkan tanda-tanda atau gejala. Tapi dalam kasus yang jarang, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit, antara lain seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Rasa sakit dapat bervariasi, testis bisa terasa berat atau menimbulkan rasa sakit yang tajam.
2. Rasa sakit meningkat saat duduk, berdiri atau melakukan aktivitas fisik, terutama untuk waktu yang lama.
3. Rasa sakit memburuk dari waktu ke waktu.
4. Rasa sakit akan berkurang ketika berbaring telentang.

"Varicocele bisa terjadi jika testis terlalu sering tertekan atau tergesek sehingga timbullah panas. Umumnya varicocele terjadi pada pria yang sering atau terlalu lama duduk dan berkendara di atas motor atau mobil," jelad dr Andri.

Kabel spermatika membawa darah ke dan dari testis. Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan varicocele, tetapi banyak ahli percaya varicocele terjadi ketika katup dalam pembuluh darah di tali mencegah darah mengalir dengan baik. Akibatnya, pembuluh darah menjadi melebar (membesar).

Varicocele sering terbentuk selama masa pubertas. Pelebaran pembuluh darah testis biasanya terjadi di sisi kiri, kemungkinan besar karena posisi vena testis kiri. Namun, varicocele dalam satu testis dapat mempengaruhi produksi sperma pada kedua testis.

"Varicocele dapat mengganggu jumlah dan motilitas sel jantan (spermatozoa) yang dikeluarkan oleh testis ketika ejakulasi, hingga dapat menimbulkan infertilitas (ketidaksuuburan). Varicocele bisa menjadi pembunuh utama sperma," tutup dr Andri.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :