Waspada Obat Kumur Sebelum Sepong !!

Terlalu Sering Gunakan Obat Kumur Berisiko Infeksi Jamur

Jakarta, Setiap orang disarankan untuk selalu menjaga kebersihan rongga mulutnya. Sikat gigi secara teratur dan dengan cara yang benar adalah salah satu cara yang harus dilakukan demi terhindar dari penyakit mulut, seperti sariawan dan infeksi. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang merasa akan lebih maksimal jika menggunakan obat kumur untuk menjaga kebersihan rongga mulut.

Sayangnya, menurut drg Harum Sasanti, SpPM, dokter spesialis penyakit mulut di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, penggunaan obat kumur yang terlalu sering bukanlah cara yang disarankan oleh dokter. Hal ini dikarenakan penggunaan obat kumur yang terlalu sering malah akan berisiko pada infeksi di dalam mulut.

"Walaupun dipercaya mampu membersihkan, yang namanya obat kumur itu kan tetap saja obat. Jadi memang tidak seharusnya digunakan terlalu banyak," tutur drg Harum.

drg Harum menjelaskan bahwa di dalam mulut manusia, terdapat jamur dan bakteri yang seimbang jumlahnya. Peran dari menyikat gigi adalah untuk membersihkan keduanya, sedangkan peran dari obat kumur adalah hanya untuk membersihkan bakteri.

"Ketika orang selalu menggunakan obat kumur, maka itu hanya akan mematikan dan membersihkan bakterinya saja. Tapi, hal itu malah akan membuat jamur mempunyai tempat untuk berkembang biak di dalam mulut. Akhirnya malah timbullah infeksi jamur," terangnya.

Oleh karena itu, drg Harum menyarankan agar kebiasaan menggunakan obat kumur untuk mulai dikurangi. Menurutnya, penggunaan obat kumur sebaiknya hanya digunakan ketika orang tersebut mempunyai masalah pada mulut.

"Kalau tidak butuh, ya tidak usah pakai. Cukuplah menyikat gigi dengan benar dan teratur saja kalau untuk membersihkan mulut," pesan drg Harum.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :