Rahasia Tersembunyi Dongkrak Otak Sampai Botak

6 Trik Aneh yang Bisa Mendongkrak Kemampuan Otak

Jakarta - Pikiran mengawang ketika rapat penting sedang berlangsung, lupa memberi makan hewan peliharaaan, atau tanpa sengaja menyimpan ponsel di dalam kulkas. Tentu tidak ada seorang pun yang ingin mejadi alpa atau lupa.

Sesekali, kabut memang muncul lantas mengaburkan memori dalam otak. Namun, bukan berarti masalah itu tidak bisa dielakkan.

Dengan berlatih beberapa trik pendongkrak memori, otak bisa berkembang menjadi lebih kuat dibanding sebelumnya. Seperti dilansir ABC News, inilah beberapa trik sederhana yang diyakini bisa membuat otak lebih pintar.

1. Mandi dengan mata tertutup

Cobalah sesekali untuk menutup mata saat mandi. Meski terdengar janggal, cara ini ditujukan untuk memperbaiki fokus dan memori otak. Meraba tekstur sampo, sabun, atau sikat gigi dengan mata tertutup merupakan olahraga bagi otak.

Faktanya, melakukan segala sesuatu dengan mata tertutup merupakan cara paling mudah untuk memfokuskan otak dan memperbaiki memori. Demikian ujar Ron White, pemenang USA Memory Championship.

2. Berdansa secara acak

Bergerak tidak hanya mengaktifkan serebelum atau otak kecil, tetapi juga menghasilkan faktor neurotropik otak yang disebut BDNF. BDNF yaitu protein yang berfungsi membantu neuron berkomunikasi secara lebih efektif.

"Berdansa adalah kegiatan sosial dan interaksi sosial yang mengembangkan saraf otak. Dansa merupakan kegiatan fisik yang membuat jantung memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk otak. Berdansa juga membantu kemampuan koordinasi Anda," papar Gary Small, salah satu penulis The Alzheimer's Prevention Program.

3. Berpura-pura kidal

Jika tangan dominan Anda adalah tangan kanan, maka gunakan tangan kiri, begitu pula sebaliknya. Melakukan tugas sederhana seperti makan atau menyikat gigi dengan menggunakan tangan yang tidak dominan akan memaksa otak untuk mempelajari hal biasa dengan cara baru sehingga otak berkembang.

4. Mempelajari tenis meja

Tenis meja dapat mendongkrak koordinasi antara mata dan otak, serta memberi stimulasi interaksi sosial pada otak. Demikian ujar Daniel Amen, seorang peneliti otak. Menurutnya, sangat penting melakukan sesuatu yang belum diketahui otak karena mempelajari hal yang baru merupakan olahraga bagi otak.

5. Mengunjungi pusat perbelanjaan

Meski berbelanja dapat mengurangi isi dompet, kegiatan tersebut memiliki manfaat untuk otak. Pasalnya ada banyak aktivitas fisik dan mental yang dilakukan ketika berbelanja. Misalnya berjalan-jalan, berkomunikasi dengan orang lain, dan menghitung biaya. Kata Dr Small, masing-masing aktivitas itu dapat menstimulasi berbagai bagian otak, memberikan efek latihan.

6. Mempelajari sulap

Menurut sebuah studi pada tahun 2013, mempelajari sulap dapat membuat area abu-abu di otak berkembang. Setelah para partisipan yang bukan pesulap mempelajari trik sulap selama tiga bulan, terlihat adanya perkembangan pada area abu-abu di otak. Bagian tersebut merupakan area otak yang bertanggung jawab pada fungsi visual dan aktivitas motorik.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :