Misteri Garis Hitam di Kuku

Adakah Garis Hitam di Kuku? Jangan-jangan Itu Tumor

Jakarta, Awalnya pria ini mengira di bawah kukunya terdapat serpihan kayu atau batu sehingga di kukunya terlihat jelas ada garis melintang berwarna hitam. Setelah diperiksakan ternyata itu adalah tumor. Apakah Anda memilikinya juga?

Pria berusia 40-an tahun itu mengaku garis hitam tersebut muncul setelah ia mengalami cedera. Ia pun mengira garis itu akan hilang dengan sendirinya, tapi ternyata tanda itu tetap ada hingga tiga tahun kemudian.

Hingga akhirnya pria yang tak dirahasiakan identitasnya itu mendatangi sebuah rumah sakit di Pennsylvania. Setelah diperiksa, dokter mengatakan pria ini memiliki garis selebar 2 milimeter berwarna hitam vertikal di kukunya namun disertai dengan penebalan kuku yang sama lebarnya di bawahnya, sehingga membuatnya terlihat seperti benda asing yang tersangkut di bawah kuku pria tersebut.

Namun setelah dibiopsi, barulah terungkap bahwa obyek yang dikira serpihan batu tadi ternyata adalah sebuah tumor kuku jinak yang disebut dengan 'onychocytic matricoma'.

"Dalam kasus ini, tumornya menyerang jaringan di bawah kuku atau biasa disebut lunula. Lunula merupakan bagian dasar kuku yang berbentuk setengah lingkaran dan berwarna keputihan di mana sel-sel kuku baru terbentuk. Untuk itu apapun yang terjadi pada lunula maka akan terlihat pada keseluruhan kuku," terang Dr Doris Day, seorang dermatolog dari Lenox Hill Hospital, New York City yang tidak terlibat dalam kasus pria ini.

Kendati begitu, tumor kuku tak melulu berwarna seperti halnya yang dialami pria tersebut.

"Tapi peradangan di dalam kulit, akibat tumor itu sendiri atau trauma maupun faktor lainnya, terkadang dapat mendorong sel-sel pigmen pembentuk kulit (melanosit) untuk membuat pigmen berwarna gelap atau hitam," kata Dr Day seperti dilansir Livescience.

Dr Day juga menegaskan tumor pada kuku sebenarnya banyak terjadi tapi kerapkali tak disadari. Biasanya orang-orang keliru menganggapnya sebagai jamur pada kuku. Untungnya menurut Dr Day, sebagian besar tumor kuku bersifat jinak. Namun tumor ganas (atau yang bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya) seperti melanoma juga bisa terjadi di dalam kulit.

Tumor di kuku pria itu pun berhasil diangkat dan tak ditemukan adanya kekambuhan setelah satu tahun berselang.

"Bila orang-orang ingin menanyakan kesehatan kukunya, datangi saja dermatolog atau dokter kulit, yang dapat melakukan pemeriksaan dan tes untuk memahami apa yang terjadi pada kuku Anda," saran Dr Day.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :