Rahasia Tips Penting Liburan Ke Pulau

Aneka Tips Penting Liburan ke Pulau

Jakarta - Kecantikan sebuah pulau kerap menarik perhatian banyak wisatawan. Nah, untuk melancong ke sana, tentu ada tipsnya. Apa saja?

Inilah 8 tips penting liburan ke pulau:

1. Cek fasilitas

Tidak semua pulau memiliki fasilitas yang lengkap atau mumpuni. Maka dari itu, pastikan dahulu apa saja fasilitas yang ada di sana sebelum mendatangi sebuah pulau.

Anda bisa mencari tahu dari buku atau internet untuk mendapatkan informasi tersebut. Pastikan data yang Anda dapatkan valid dan bisa dipercaya.

2. Bawa makanan cukup

Saat melancong ke sebuah pulau yang cukup besar dan ramai, makanan bukan masalah yang terlalu penting. Namun lain halnya saat Anda memilih liburan di pulau yang kecil. Biasanya, makanan di sana tidak terlalu banyak variasi.

Bahkan, jika melancong ke pulau sepi atau kosong, akan mustahil membeli makanan. Jadi, bawalah makanan yang cukup untuk mengisi perut selama liburan di pulau.

3. Bawa air bersih

Di pulau yang tidak berpenghuni, butuh usaha lebih untuk menemukan air bersih. Seperti di Pulau Sempu, sumber air bersih terletak cukup jauh dari laguna tempat para traveler bermalam.

Maka dari itu, pastikan untuk membawa persediaan air yang cukup. Anda bisa mengira-ngira berapa banyak pasokan air bersih yang ingin dibawa.

4. Jangan buang sampah sembarangan

Mungkin terdengar sepele namun sebenarnya sangat penting. Jangan pernah membuang sampah sembarangan terutama di pulau yang masih asri atau perawan. Karena pada kenyataannya, banyak traveler yang masih gemar membuang sampah di pulau.

Bahkan beberapa dari mereka sengaja memendam sampah di dalam pasir karena terlalu malas membawanya kembali. Hindari melakukan tindakan tidak menyenangkan seperti itu dan bawalah plastik sampah. Masukkan semua sampah dan angkut kembali sampah yang telah Anda buang.
Hormatilah alam yang indah ini.

5. Gunakan sunblock

Sunblock bukan sekadar mencegah kulit menjadi lebih hitam tapi juga mencegah kulit terbakar. Gunakan sunblock 4 jam sekali untuk hasil yang maksimal.

6. Cek apakah ada sinyal atau tidak

Mengecek sebuah pulau terjangkau sinyal atau tidak, adalah hal yang penting. Karena, apa saja bisa terjadi di pulau tersebut, apalagi pulau terpencil, kecil atau tak berpenghuni. Jika perahu Anda bermasalah, tentu butuh menelepon untuk meminta bantuan.

Selain itu, memastikan ada sinyal atau tidak juga penting untuk keluarga dan kerabat dekat. Saat ponsel Anda hilang sinyal, tentu mereka akan mencari di mana keberadaan Anda. Nah, jika ternyata pulau tersebut tak ada sinyal, jangan lupa beritahu keluarga dan kerabat terdekat.

7. Cari tahu di mana letak puskesmas terdekat

Terutama saat melancong ke pulau kecil namun masih berpenduduk, cari tahu di mana letak RS atau puskesmas terdekat. Ini penting untuk mencari bantuan medis saat keadaan darurat.

Jadi, jika terjadi apa-apa, Anda sudah tahu akan berlari ke mana. Bayangkan repotnya jika masih harus bertanya kepada penduduk setempat sambil kebingungan arah mencari puskesmas saat keadaan darurat.

8. Jangan merusak alam

Satu hal penting yang harus diingat adalah jangan pernah merusak alam yang ada di sebuah pulau. Ini termasuk alam di daratan atau di bawah laut. Traveler mendatangi pulau tersebut karena mendengar kecantikan alam di sana, jangan sampai mereka kecewa karena ternyata alamnya telah dirusak.

Tanggung jawahlah terhadap semua tindakan yang dilakukan di sana. Hindari melakukan hal yang merusak alam baik yang disengaja ataupun tidak disengaja.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :