Rahasia Tersembunyi Menyembuhkan Tubuh Yang Lelah

Ini Tandanya Tubuh Anda Sedang Kelelahan

Jakarta, Kelelahan bisa terjadi baik secara fisik maupun mental. Secara mental, kondisi ini lebih sering terabaikan padahal memberikan dampak yang sama bahayanya dengan kelelahan fisik, yakni stres. Bagaimana mengenalinya?

Tak sulit untuk mengenali kelelahan secara mental, atau sering disebut burnout. Pada kondisi ini, biasanya muncul salah satu atau beberapa gejala sebagai berikut, seperti dikutip dari Helpguide.

- Setiap hari rasanya seperti hari paling sial sedunia

- Memikirkan pekerjaan rasanya seperti membuang-buang energi saja

- Rasanya sangat letih sepanjang hari

- Semua pekerjaan rasanya seperti berlebihan

- Rasanya tidak pernah ada yang menghargai

Tentunya, kelelahan secara mental tidak bisa dilepaskan dari kelelahan fisik. Biasanya, lelah secara fisik akan memicu lelah secara mental, begitu pula sebaliknya. Karenanya, tidak sedikit yang mengalami gejala lain seperti pegal-pegal, pusing, dan akhirnya susah konsentrasi.

Cara mengatasi kelelahan, baik secara fisik maupun mental, adalah dengan istirahat. Sepele, tetapi tidak semua orang punya kesempatan untuk melakukannya, terutama mereka yang terlalu sibuk dengan ritme kehidupan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Di samping harus meluangkan waktu untuk istirahat, orang-orang sibuk perlu juga mengatur asupan nutrisinya agar tidak mudah kelelahan. Daging ayam, menurut sebuah penelitian di Journal of Physiological Anthropology cukup baik untuk mencegah kelelahan, khususnya secara mental.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan melibatkan 20 mahasiswa untuk menjalani tes mental. Sebagian diberi saripati daging ayam, sebagian lagi diberi plasebo untuk perbandingan. Di akhir penelitian, para ilmuwan mengukur kadar senyawa stres dalam darah para partisipan.

"Kami menyimpulkan bahwa saripati ayam memiliki potensi untuk memetabolisme senyawa penyebab stres dalam darah, dan memacu pemulihan dari keletihan secara mental," tulis para ilmuwan dalam penelitian berjudul 'Effect of Chicken Extract on the Recovery from Fatigue Caused by Mental Workload' tersebut.

Para ilmuwan menjelaskan saripati daging ayam mengandung protein dan peptida yang mempercepat metabolisme senyawa stres. Makin cepat senyawa tersebut dimetabolisme, semakin cepat pula stres dan kelelahan secara mental teratasi.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :