Rahasia Bikin Tetek Jadi TOGE dan TOBRUT

Waspada, Hal-hal Ini Bisa Bikin Payudara Pria Jadi Membesar

Jakarta, Pria umumnya memiliki dada yang bidang, namun ada beberapa kondisi tertentu yang bisa membuat payudara pria membesar. Bahkan terlihat seperti payudara wanita dan tak sedikit faktor penyebabnya. Nah, apa sajakah yang bisa menyebabkan payudara pria membesar?

Pembesaran payudara pada pria atau dalam dunia medis disebut dengan ginekomastia, merupakan pertumbuhan abnormal yang terjadi pada payudara pria. Bisa terjadi pada salah satu atau kedua payudara. Kondisi ini memiliki hubungan yang erat dengan pertumbuhan jaringan pada payudara.

Paling banyak disebutkan muncul karena adanya masalah psikologis, namun secara normal atau fisiologis ginekomastia dialami oleh sekitar 60 persen dari anak-anak pada masa pubertas dan hilang sendiri selama beberapa bulan. Meskipun begitu, kondisi ini bisa juga muncul sebagai akibat dari masalah yang lebih serius seperti kanker payudara, masalah hormonal atau penyakit degeneratif lain.

"Saat lahir seharusnya kelenjar payudara pria 'diserap' oleh tubuh. Namun pria dengan ginekomastia tidak mengalaminya dengan sempurna, sehingga payudaranya akan terus berkembang layaknya wanita. Bisa saja saat di dalam kandungan ibunya sakit tertentu atau kondisi kehamilannya tidak sempurna," ungkap Dr Drajat Ryanto Suardi, SpB(K)Onk, ahli bedah kanker dari Perhimpunan Onkologi Indonesia.

Sependapat dengan Dr Drajat, Dr Saptahadi Setia Basuki, SpB.Onk, kepada detikHealth mengungkapkan bahwa secara fisiologis memang saat pubertas pria akan mengalami pembesaran payudara.

"Hal lain yang mungkin bisa menyebabkan pembesaran payudara pada pria di antaranya kelebihan hormon estrogen, adanya tumor dari testis atau daerah lain, kanker di hati, tumor paru-paru, dan gagal ginjal," ujar Dr Saptahadi, yang merupakan spesialis bedah onkologi dari RS Roemani Muhammadiyah, Semarang.

Kelebihan estrogen sendiri dapat muncul karena beberapa sebab, di antaranya karena gagal ginjal dan hemodialisis, sirosis hati, hipertiroidisme, diabetes, dan konsumsi obat-obatan hormonal. Selain itu, konsumsi obat terapi seperti alkylating, vincristine, methotrexate, nitrosoureas, cisplatin, dan imatinib juga dikatakan berpengaruh terhadap perkembangan payudara pria.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :