Rahasia Terlarang Kulit Kulit Penuh Khasiat

Jangan Dibuang! Kulit dari Buah dan Sayur Ini Kaya Khasiat

Saat mengolah makanan, kita sering membuang ​b​atang, kulit hingga daun pada sayur dan buah​. Padahal bagian itu​ ternyata punya manfaat ​kesehatan.​

Kulit kentang, daun wortel hingga kulit semangka biasanya tidak dikonsumsi. Akan tetapi ada beberapa kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan​ pada bagian tersebut.​

Bagian kulit ataupun daun pada sayuran biasanya dianggap tak layak konsumsi. Tapi faktanya, beberapa bagian sayuran justru mengandung nutrisi yang tidak banyak diketahui.

Mulai dari serat hingga zat antioksidan ternyata juga ​ada ​dalam kulit buah-buahan. Kulit menjadi salah satu bagian dari buah yang selalu ​di​abaikan dan juga buang. ​Nutrisi pada kulit ini juga tak kalah dari bagian daging buah atau daunnya.​

1. Kulit kentang

Tak hanya daging kentang, ternyata kulitnya juga kaya manfaat. Kulit kentang mengandung serat, selain itu ada juga kandungan kalsium, vitamin B kompleks, vitamin C serta zat besi.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, olah kentang dengan kulitnya. Cuci kentang dan sikat kulitnya hingga bersih dan rendam dalam air hangat. Potong, beri bumbu dan kemudian panggang. Agar lebih enak, Anda dapat mencampurkannya dengan sayuran lain serta keju leleh yang gurih.

2. Tangkai dan daun brokoli

Selain bunganya, tangkai dan daun brokoli juga mengandung karotenoid. Ini merupakan sumber vitamin A yang juga memiliki sifat anti kanker. ​M​asak brokoli lengkap dengan daun dan batangnya. Buat menjadi sup, smoothies atau dipanggang.

3. Kulit bawang putih dan bombay

Saat mengupas bawang sebaiknya jangan buang kulitnya. Kulit bawang ini disebut-sebut menjadi salah satu agen antioksidan yang dikenal sebagai quercetin. Zat ini dapat mengurangi peradangan dan melawan alergi.

Anda dapat mencampurkan kulit bawang ke dalam masakan dan mengambilnya pada saat makanan hendak disajikan. Antioksidan yang terkandung dalam kulit bawang akan ​larut ​ke dalam makanan dan membuatnya lebih sehat.

4. Daun wortel dan lobak

Bagian sayuran ini biasanya akan dibuang dan tidak terpakai. Daun wortel kaya akan kandungan klorofil yang merupakan sumber terbaik dari mineral seperti magnesium, potasium dan kalsium yang bisa tingkatkan kesehatan. Selain itu, daun wortel dan lobak juga bisa membantu lawan kanker usus besar serta membuat tulang lebih kuat.

5. Kulit semangka

Semangka memiliki kulit yang berwarna putih kehijauan dan mengandung citronella. Ini merupakan asam amino yang dapat tingkatkan sirkulasi darah dan lebarkan pembuluh darah. Agar rasanya enak, campurkan kulit semangka dalam smoothies buah.

6. Kulit kiwi

Kulit kiwi biasanya dibuang, akan tetapi ternyata kulit buah yang berbulu cokelat gelap ini kaya akan serat. Selain itu, kulit buah ini juga kaya akan vitamin C dan memiliki sifat anti kanker.

7. Daun seledri

Seledri yang biasa digunakan adalah batangnya, sedangkan daunnya sering dibuang. Daun seledri juga sarat dengan vitamin C dan antioksidan. Daun seledri menjaga jantung tetap sehat, menunda penuaan dini dan juga menormalkan tekanan darah yang tinggi.

8. Biji semangka

Orang-orang dari Timur Tengah biasa memakan biji semangka dengan dagingnya. Kulit semangka mengandung zat besi, zinc, tembaga dan magnesium. Rajin konsumsi biji semangka dapat membuat kulit dan rambut lebih sehat.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :