Misteri Jimat Sakti Maluku

Jimat dan Penolak Bala dari Maluku


 Aneka patung yang dipercaya sebagai jimat dan penolak bala.

Ambon - Tiap daerah di Indonesia memiliki cerita magis masing-masing. Di Maluku, cerita magisnya adalah jimat dan penolak bala yang berbentuk patung dengan aneka bentuk. Konon bisa menjaga desa, menolak musibah dan melindungi orang-orang.

"Bentuk patungnya memang beraneka ragam, ada yang seperti manusia atau aneh-aneh bentuknya. Biasanya terbuat dari kayu dan disebut Walut," kata Thommy Papuling, pemandu Museum Siwalima di Jl Taman Makmur, Kecamatan Nisa Niwe, Kota Ambon kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

Begitu masuk ke dalam Museum Siwalima, memang terdapat aneka patung yang dipajang. Ternyata inilah, yang disebut jimat dan penolak bala dari Maluku. Percaya tak percaya, arwah leluhur dimasukan ke dalamnya!

"Mereka melakukan upacara adat dan kemudian memasukan arwah leluhur dan nenek moyang ke dalamnya," ujar Thommy.

Selanjutnya, patung-patung tersebut diletakan di depan desa. Tapi, ada pula yang diletakan di pinggir sungai, kuburan, gua dan perbatasan tiap desa. Masyarakat pun percaya, patung-patung Walut dapat menjaga desa mereka dari segala macam bencana.

"Ini merupakan sistem kepercayaan adat dari tempo dulu, jauh sebelum agama masuk ke Maluku. Namun, hingga kini masih ada beberapa orang yang masih mempercayainya," cetus Thommy.

Berbeda dengan koleksi lain di Museum Siwalima, patung-patung yang dipercaya sebagai jimat dan penolak bala ini tidak dimasukan ke kotak kaca. Dipajang begitu saja dan mudah terlihat, tapi dilarang untuk menyentuhnya ya!

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :