Misteri Di Balik Tidur

Misteri Dibalik Tidur Ente (Fakta Ilmiah Gan)

Penjelasan dan Pembelaan ane:

Apa Itu Tidur?
Tidur diartikan sebagai periode alamiah kesadaran yang terjadi ketika tubuh direstorasi yang dicirikan oleh rendahnya kesadaran dan keadaan metabolisme tubuh yang minimal.
Fakta medis mengatakan bahwa saat tidur, tepatnya 2 jam pertama ente tidur. tubuh menhasilkan growth-hormon yang berperan dalam proses pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. ada juga hormon lainnya yang diproduksi selama kita tidur, yaitu hormon cortisol. hormon itu berfungsi untuk menetralisir stres dan menyegarkan tubuh kita untuk menghadapi hari baru.
Waktu Ideal Tidur
Waktu ideal untuk tidur tergantung dari berbagai faktorm, diantaranya : kesehatan, daya tahan fisik dan aktivitas mental. Shingga antara bayi ataupun orang dewasa berbeda waktu yang dibutuhkan untuk tidur.
secara waktu ideal untuk tidur :
1. Bayi yang baru lahir-- memerlukan tidur selama 16 jam perhari.
2. Bayi Usia 6 Bulan-- menurun menjadi 13 jam perhari.
3. Remaja-- 9 jam perhari. (kalo TS jarang sih, biasa jadi Betmen )
4. Dewasa-- membutuhkan waktu tidur ideal 7 sampai 8 jam perhari

Wah ini gan yang paling penting, penjelasan para peneliti dalam jurnal yang ane temukan. berikut penelitiannya

1. Journal "Occupational and Environmental Medicine Tahun 1996-1998
menjelaskan bahwa orang yang bekerja lebih dari 60 jam perminggu dan tidur tidak secara normal akan meningkatkan resiko mengalami Hearth Attack atau Serangan Jantung sebanyak 2 kali lipat. Penelitian ini melibatkan 260 orang lelaki berusia 40-79 tahun.
Asli gan setelah ane baca ntu jurnal seminggu ini ane kagak begadang, lepi ane tinggalin. soalnya ini menyangkut masa depan.

2. Journal Archives of General Psychiartry Tahun 2002
Gan ini penjelasannya lebih kejem lagi . bagi ane ini tamparan yang keras banget, asli! Kalo Ga kuat angkat tangan gan.
Jurnal ini menjelaskan bahwa seseorang yang tidur antara 6-7 jam perhari memiliki rata-rata kematian yang paling rendah. Anka harapan hidup tertinggi ada pada orang yang rata-rata tidur 7 setiap harinya.
Bagi yang tidur lebih dari 8 sehari, maka resiko kematiannya meningkat sebesar 12% dari pada yang tidur 7 sehari. sedangkan yang tidur kurang dari 5 jam perhari resiko kematiannya lebih rendah daripada yang tidur lebih dari 8 jam.
kesimpulannya adalah tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7 jam perhari. penelitian ini memperingatkan kita bahwa kelebihan tidur dan kurang tidur dapat meningkatkan resiko kematian kita. Penelitian ini melibatkan 1,1 juta orang dengan umur antara 30 sampai 102 tahun.
Namun yang perlu kita ingat, kematian itu ada di tangan Tuhan YME, tetapi sebagai manusia kita harus tetap berusaha menjaga kesehatan kita dengan tidur yang cukup.

3. Journal Self-Reported Sleep Duration as Predictor of All-Cause Mortality:Results from the JACC Study, Japan.
jurnal ini ditulis oleh Dr. Akiko Tamakoshi dan Dr. Yoshiyuki Ohno. penelitian mereka melibatkan 104.010 partisipan yang terdiri dari 43.852 laki-laki dan 60.158 perempuan. jurnal ini mengemukakan bahwa durasi tidur 7 jam pada malam hari memiliki resiko kematian paling rendah. diketahui pula kalau laki-laki lebih banyak tidur daripada perempuan (klo ini ane setuju banget ).
Gimana Sih Siklus Tidur?
Kalo ente penasaran Ane jelasin.
tahun 1960, juragan Rechtschaffen dan Kales, meneliti tentang siklus tidur.

Didalam siklus terdapat 2 fase yaitu NREM (Non Rapid Eye Movement) dan REM (Rapid Eye Movement). Nah lihat lagi spoiler diatas gan, setiap fase itu terjadi sekitar 90 sampai 110 menit, kecuali fase REM yang hanya terjadi selama 10 menit diakhir tidur. agan pernah mimpi? mimpinya kering ato basah? klo ente pernah mimpi maka ente memasuki fase REM.

Gan Giman Cara Bayar Hutang Tidur?
Hutang tidur itu logikanya begini, ane selama 5 hari tidur cuma 6 jam. berarti ane kan masih punya hutang 1 jam disetiap harinya. rencananya hari keenam ane mau tidur 12 jam buat membayar hutang 5 jam ane (1jam x 5 hari).
apa rencana ane itu bener? ternyata salah gan . kata agan Jim Horne, membayar hutang tidur itu cuma mitos. kalau ente kepaksa lembur pada hari sebelumnya, maka hari selanjutnya tidurlah secara normal saja. yaitu selama waktu ideal atau 7 jam, sehingga badan ente kemabli seger.

Gan Ane Kurang Tidur Apa Akibatnya :
Kalo ente baca bener trid ini, pasti ente udah tau akibatnya. lihat bagian jurnal penelitian. ane ringkas aja akibatnya yaitu meningkatnya resiko kematian dan meningkatnya resiko 2 kali lipat untuk kena serangan jantung.
Lihat gan, banyak kok yang udah bahas biar ente makin jelas:

Gan Ane Insomnia/ Susah Tidur
Bahaya gan, insomnia itu gejala susah tidur. kalo ente mahasiswa paginya bisa kagak fokus ama kuliah ente. kalo jangka panjang, akibatnya bisa kena serangan jantung ato penuaan dini dan masih banyak lagi.
Kalo ente pernah mengalami, bahkan dalam tahao akut. Langsung aja keTKP gan. soalnya banyak kaskuser yang bahas dengan detil tapi rignkas.

Gan ada Mitos saat Tidur Ga?
Ada Gan, kalau ente tidur nanti guling ente jadi Pocong
ditambah lagi klo ente, tidur ga doa ente bisa pindah ke kuburan deket rumah ente.
lebih lengkapnya ente Ke TKP soalnya udah ada yang bahas gan, silahkan ditindak lanjuti untuk menuju tridnya

Gan Posisi Tidur Yang Enak TU Gimana?
Posisi Dogg* Style gan
asli ntu cuma bercanda, banyak kok posisi yang enak dan bebas pegel contohnya ente miring ke kanan ato apalah. yang penting ente jangan tidur telen tang, bisa nyangkut ditenggorokan ente ntu tang dan menghambat saluran pernafasan agan.
selain itu biar lebih jelas ente bisa langsung ke TKP yang telah diselidiki oleh kaskuser secara detail dan ringkas.

Gan Ane Waktu Tidur Nangapain aja sih?
Kok malah tanya ane? kan ente yang ngrasain. cuma ente musti inget tidur itu kita ga sepenuhnya tidak sadar.soalnya otak kita msih bekerja, bahkan lebih aktif saat kita tidur. terdapat beberapa aktivitas yang kita lakukan saat kita tidur, baik kita sadar atau tidak. kalo mimpi pasti ente tau klo ente mimpi, tapi cuma 5 persen yg ente inget. klo ente ngigau baru kadang ente ga sadar, nah ini paling bahaya klo ente ngigau soal cewek idaman ente.
klo secara medis sih yg paling bahaya ya ente jadi sleep walker. klo ente pengen tau, aktivitas apa aja yang ente lakuin waktu tidur dan juga penjelasan secara medisnya, ente langsung ke TKP aja. soalnya udah ada yang bahas.

Gan Klo Tidur Siang Baik Ga Sih?
menurut ane sih tidur siang itu baik, hal itu didukung alasan berikut (ane cuma ambil tiga):
1. meningkatkan daya ingat
penlitian tahun 2008 menyatakan bahwa tidur 45 menit saat siang dapat membantu mengingat pelajaran yg baru dipelajari atau kosakata asing.
2. memperbaiki Mood
klo ente habis kuliah siang2 enaknya ya tidur, apalagi klo lagi using mikirin materi yang susahnya minta ampun. klo habis tidur siang badan ente jd tambah seger dan ente kagak sensi plus pusingnnya ilang.
3. Meningkatkan konsentrasi
tidur siang 10 menit dapat mengembalikan konsentrasi ente. klo ane sih pas kuliah full dr pagi ampe sore pas siangnya ane tidur dulu di masjid
selain efek baik tentu ada buruknya salah satunya adalah terganggunya siklus tidur malam, bisa berakibat insomnia. namun itu terjadi jika kita tidur siang berlebihan. contoh ente tidur dr jam 12.oo ampe jam 18.00. bisa gila ente.

itu cuma ringksannya aje, soalnya sudah banyak yg bahas soal tidur siang.

Gan Lucid Dream Itu Apa?
ane juga awalnya ga tau, baru setelah ane baca komen dan ane cari ternyata ane nemu yg namanya Lucid (Jelas) Dream(Mimpi). ni gan definisinya:
Lucid Dream adalah keadaan di mana kita sadar bahwa kita sedang bermimpi ketika kita bermimpi.Lucid Dream biasanya muncul ketika seseorang sedang ditengah-tengah mimpi dan tiba-tiba sadar bahwa ia sedang bermimpi.

LD itu bukan Ngerogoh Sukmo ya? bedanya ngrogoh sukmo itu ilmu ghaib dan bisa dilakukan kapan saja. tapi klo LD harus konsentrasi dalam mimpi baru bisa merasakan. itu sepemahaman ane ya...
saat LD kita bisa merasakan semuanya, baik itu lihat cewek idaman ente atopun bisa mendengar suara jangkrik. pokoknya ente bisa merasakan semuanya meraba, mencium dll tapi itu mimpi bro.
nah biar kualita LD ente meningkat ente bisa makan Pisang, karena pisang mengandung Tryptopphan. Tryptophan, akan diubah menjadi Serotonin di otak, dibantu oleh Vitamin B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI di dalam otak.
nah yang paling mengganggu dalam LD adalah False Awakening, ato kita merasa bangun tapi kenyataannya kita masih bermimpi.

Penjelasan Ilmiah LD ato Mimpi:
Proses Terjadinya LD itu sama seperti mimpi gan.
Mimpi itu terjadi pada saat fase REM (Rapid Eye Movement) pada satu siklus tidur. biasanya mimpi terjadi sekitar 100 menit dalam tidur selama 8 jam. Namun kita hanya dapat mengingat mimpi 5% saja, sisanya lupa.
MImpi terjadi karena otak kita lebih aktif saat kita tidur, sehingga otak menciptakan gambarran berupa imajinasi tanpa ada peranan panca indra. contohnya kita ngimpi kimpoi ama idola ente, akibatnya ya ente tau sendiri lah .
Sehat ga Mimpi itu?
saat bermimpi otak melakukan reorganisasi dalam memperbaiki mental. sehingg ente akan terhindar dari stress dan pikiran kacau.

Nah klo penjelasan ane salah ato kurang ente bisa tanya jawab ke link dibawah ini, soalnya ini grup update banget soal LD, bahkan terdapat banyak inform dan tips agar LD lebih nyata dan terkendali. bisa juga ente temukan kaskuser yg punya minat dan pengtahuan yg yahud ttg LD..

Tambahan:

gan katanya kalo kita nggak tidur / begadang kalo paginya mandi langsung tewas, bener gak?

soalnya saya sering dibilang "kalo begadang paginya jangan mandi"
Alhirnya Agan itu mencari jawabannya sendiri, dibawah ini Jawabannya bro

nih gan saya dapet penjelasan kenapa dilarang mandi jika begadang / tidak tidur

"Dampak kurang tidur dan mandi setelah begadang bisa menyebabkan kematian. Selain itu, kalau mandi sehabis begadang juga beresiko terkena paru-paru basah dan “Angin Duduk” yang bisa berakibat fatal, bahkan meninggal mendadak. Habis mandi lemes, pusing terus tidur tapi tidak bangun lagi, serem kan..?

Untuk penjelasan secara logis tentang sehabis begadang langsung mandi sederhananya adalah seperti ini :

Tubuh kamu yang begadang itu sebenarnya melakukan banyak aktivitas yang seharusnya pada waktu itu harus segera di istirahatkan. Karena banyak aktivitas yang terjadi di dalam tubuh kita, tanpa kita sadari terjadi pemanasan dari dalam tubuh kita.

Nah, bayangkan kalau dari suhu tubuh yang panas tiba-tiba disiram dengan air di pagi hari yang suhunya jauh lebih dingin ketimbang suhu tubuh kamu, apa yang akan terjadi?

Penurunan suhu tubuh yang sangat drastis dan spontan, sedangkan tubuh kita tidak dirancang untuk itu. Kejadian itu mempunyai logis yang sama halnya dengan “Terjun dari ketinggian yang menggunakan parasut” dan “Terjun tanpa menggunakan parasut”. Bisa membayangkan apa akibatnya, sangat jauh berbeda bukan?

Makanya sangat disarankan untuk tidak langsung mandi sesaat setelah begadang, karena dapat membahayakan untuk kondisi tubuh. "

tau deh bener / nggak

googling aja gan, pasti dapet berita terkaitnya
___________________________________________________________________________

Ada Tambahan Juga dari Agan Dibawah ini, yang membahas tentang
TINDIHAN/

SLEEP PARALYSIS/TINDIHANPada saat mengalami ini biasanya kita akan sulit sekali bergerak dan kemudian ada sedikit rasa dingin menjalar dari ujung kaki ke seluruh tubuh. Untuk bisa bangun, satu-satunya cara adalah menggerakkan ujung kaki, ujung tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali,biasanya disertai juga dengan munculnya bayangan kegelapan. Hal inilah yang diasumsikan "ketindihan" makhluk halus orang sebagian besar orang
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh).

Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit.

Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis. Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien.

Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Kurang Tidur
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM). Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan.

Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi. Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.
sumber

btw klo mimpi itu kan pikiran alam bawah sadar, jadi apa yg hati kecil kita pikirkan bisa kebawa tetapi beda lagi sama yg punya clairvoyance mw pun lemah, pasti bisa ngeliat masa depan dalam mimpi (kayak ane keseringan dejavu )
sekian tambahan yg ane tw dan ane kurang tidur karena ane baru jadi babe

Joss gan,bye the way false awakening itu kl. d org jawa ngomonge "tindihen" bapak ane pernah gitu gan,tinglat tinggi(project astral) kyk yang d film insidious kl gk conjuring ad gan,ktnya dia mimpi trbng jauh keatas,tp dia takut trs turun n bangun.

Sumber: Kaskus

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :