Rahasia Terlarang Bobok Nikmat Anti Insomnia

Sudah Lakukan Berbagai Cara Tapi Tetap Tak Bisa Tidur? Coba Trik Ini

Jakarta - Sudah mandi air hangat, minum susu, atau menjauhkan gadget dari jangkauan Anda tapi tetap tak bisa memejamkan mata? Situasi seperti itu pastinya bisa membuat Anda frustasi bukan?

Keadaan mata sulit terpejam padahal keesokan harinya harus beraktivitas memang sangat menyebalkan. Tetapi, bukan berarti Anda tak bisa mengakali agar mata bisa terasa mengantuk lho. Masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelabui tubuh, mata dan otak agar Anda cepat terlelap.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan agar tidur bisa lebih lelap, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Menjauhlah dari kasur

Meski terdengar aneh, Director of Behavioral Sleep Medicine di Montefiore Medical Centre, Shelby Harris Psy.D mengatakan tetap berada di tempat tidur lalu memaksakan mata terpejam justru membuat tubuh dan pikiran makin stres . Akibatnya, Anda justru makin tidak bisa tidur.

"Beranjaklah dari kasur, cari tempat lain di mana Anda bisa rileks. Atau coba baca majalah, buku, dan bacaan lain. Setelah Anda merasa mengantuk, segera saat itu kembalilah ke kasur dan rasakan mata akan lebih mudah terpejam," terang Harris.

2. Jangan pikirkan kejadian sebelumnya

Pakar kesehatan tidur lainnya Carl Bazil MD,PhD mengatakan ketika Anda memikirkan momen terakhir yang membekas di pikiran, justru akan terpikir bagaimana situasi di keesokan harinya hingga akibatnya mata pun sulit terpejam. Menurut Bazil, ada 'mantra' yang bisa Anda ucapkan berulang-ulang.

"Katakan bahwa jika Anda tidak tidur malam ini, hari esok Anda akan lebih baik. Dengan begini, akan ada perspektif baru di pikiran Anda sehingga sugesti terhadap suasana esok hari akan sedikit tidak menakutkan sehingga Anda lebih rileks," papar Bazil.

3. Matikan jam dinding

Jangan salah, mendengar detik jam saat tidak bisa tidur justru membuat seseorang seperti dikejar waktu agar buru-buru tertidur. Meski nyatanya seperti itu, lebih baik matikan sejenak jam dinding Anda lalu mulai nikmati suasana hening dan coba rilekskan pikiran misalnya dengan mengambil napas panjang.

"Dengan begini Anda tidak makin stres meskipun jangan lupa pula nyalakan alarm atau minta anggota keluarga lain untuk membangunkan Anda di keesokan harinya," kata pakar tidur sehat dr Neil Stanley.

4. Ambil buku catatan

Bukan untuk menulis apa kegiatan Anda di siang harinya lho. Mencatat segala sesuatu yang akan Anda kerjakan keesokan harinya bisa membuat pikiran lebih tenang hingga mencoba untuk tidur pun akan lebih mudah.

"Banyak orang tidak bisa tidur karena stres terkait dengan apa yang akan mereka lakukan esok harinya. Maka, catat saja apa rencana Anda setidaknya itu bisa mengurangi beban dan mata pun akan lebih mudah terpejam," kata Bazil.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :