Rahasia Terlarang Candu Kopi

5 Tanda Minum Kopi Sudah Mulai Nyandu

Jakarta - Dalam takaran wajar, kopi punya berbagai manfaat kesehatan. Efek buruknya baru akan kelihatan jika sudah berlebihan, atau bahkan kecanduan. Kenali tandanya, biar tidak berlarut-larut dikenalikan oleh kopi.

Takaran kopi yang dianggap wajar bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung toleransi masing-masing. Namun secara umum, 3-4 cangkir kopi dalam sehari masih dikategorikan wajar. Namun tidak bisa hidup barang sehari tanpa kopi, itu perlu diwaspadai.

Beberapa gejala yang meandakan kopi mulai nyandu antara lain sebagai berikut, dirangkum dari berbagai sumber:

1. 'Nyawanya' ada di kopi

Seorang peminum kopi yang sudah kecanduan akan sulit bangun pagi kalau tidak diiming-imingi kopi. Ibaratnya, kopi menjadi satu-satunya alasan untuk bangkit dari tempat tidur. Begitu pun di siang hari, rasa kantuk serta hilang bersemangat mudah sekali datang kalau tidak tersedia secangkir kopi di meja kerja. Jika sudah demikian, mulailah memikirkan cara untuk mengatasi kecanduan.

2. Sakit kepala

Beberapa orang mengalami gejala kecanduan yang lebih parah dari sekedar mengantuk, yakni sakit kepala. Sehari tanpa kopi bisa membuat kepala nyut-nyutan seperti mau pecah. Menurut penelitian, 50 persen peminum kopi pernah mengalami gejala seperti ini. Tingkat keparahannya saja yang berbeda-beda.

3. Susah konsentrasi

Susah fokus dan konsentrasi adalah gejala lain yang kerap muncul saat mulai kecanduan kopi. Pada kasus yang lebih ekstrem, seseorang tidak bisa bekerja dengan optimal sebelum menyeruput kopi. Bahkan bagi merea, kopi yang paling tidak enak sekalipun masih lebih baik dibandingkan tidak ada sama sekali.

4. Gelisah

Sering gelisah dan uring-uringan jika tidak minum kopi? Hati-hati, kebiasaan minum kopi tidak seharusnya menjadi penentu mood atau suasana hati. Secangkir kopi yang enak memang bagus sebagai 'mood-booster', tetapi kalau sama sekali tidak bisa gembira tanpa meminumnya berarti sudah mulai kertergantungan.

5. Tidak enak badan

Gejala seperti hendak flu juga dilaporkan oleh orang-orang yang mengalami kecanduan kopi. Di antaranya mual muntah, kepala pusing, dan bahykan nyeri otot. Gejala-gejala ini biasanya mulai muncul 20-48 jam sejak terakhir kali minum kopi.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :