Rahasia Terlarang Lepas Dari Jeratan Keji Insomnia

Tangkal Insomnia dengan 7 Cara Jitu Ini!

Jakarta - Insomnia membuat seseorang sulit untuk tidur nyenyak di malam hari. Bahkan, pakar mengungkap adanya kaitan antara insomnia dengan risiko masalah kejiwaan di masa depan.

Nah, agar malam hari Anda lepas dari jeratan Insomnia, berikut beberapa cara yang dapat membuat Anda tidur lebih cepat, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berolahraga 4 Jam Sebelum TIdur

Pakar mengatakan bahwa berolahraga tepat sebelum tidur tidak disarankan karena dapat membuat sulit tidur. Adrenalin yang terdapat di tubuh setelah olahraga membuat sulit tidur, meskipun tubuh terasa lelah.

Karena itu jika memang ingin berolahraga sebaiknya dilakukan 3-4 jam sebelum waktu tidur. Kendati demikian jangan melakukan olahraga terlalu berat karena akan menguras banyak energi. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti berlari diatas treadmill, bersepeda atau bisa dengan berjalan cepat.

"Saya menyarankan pada klien saya untuk pergi jogging dimalam hari, tepat sebelum makan malam. Dengan cara ini akan membuat mereka menjadi lebih santai dan lelah untuk melakukan aktivitas lainnya," tutur Instruktur gym Meghna Raju.

2. Hindari kafein, alkohol dan nikotin

Untuk memdapatkan kualitas tidur yang baik sebaiknya hindari zat-zat seperti kafein, alkohol dan nikotin ketika akan masuk waktu tidur. Zat-zat seperti ini hanya akan membuat Anda selalu terjaga dan mengurangi kualitas tidur.

"Apakah Anda ingat bagaimana secangkir kopi dapat membuat terjaga sebelum melakukan ujian esok hari ? Kafein adalah stimulan dan dapat membuat kita terjaga. Fungsi kafein adalah menahan zat-zat yang membuat kita untuk segera tidur, hal ini juga nanti akan meningkatkan produksi adrenalin dalam tubuh. = Jadi hindari apapun yang mengandung kafein dimalam hari,"  ujar Tanusha Banerjee, terapis tidur asal India.

Selain itu Tanusha yang juga berprofesi sebagai ahli hipnotis ini mengatakan bahwa anggur dapat membantu membuat badan lebih rileks. Hanya saja alkohol yang terkandung di dalamnya membuat seseorang malah sulit untuk tidur.

3. Mendengarkan musik

Mengapa seorang ibu menyanyikan lagu pengantar tidur untuk anak-anaknya? Tentu saja untuk membuatnya cepat tertidur. Beberapa
penelitian menunjukan bahwa alunan musik yang menenangkan dapat membuat seseorang mudah untuk tertidur. Dengan mendengarkan musik akan  membuat tubuh semain rileks dan mempercepat proses tidur.

4. Cobalah berhitung

Ya, dengan menghitung akan membuat Anda cepat untuk tertidur. Studi terbaru menemukan bahwa memecahkan masalah matematik seperti menghitung di kepala secara perlahan-lahan atau pun mengurutkan nama-nama tertentu akan membuat anda lebih cepat tertidur.

"Tugas yang rumit seperti menghitung akan memaksa otak bekerja lebih keras sehingga dapat membuat Anda segera tidur. Cara ini lebih ampuh dibanding dengan metode 'relaxing imagery' yang menggunakan cara visual," ujar spesialis tidur Mohammad Hasin.

5. Mempercepat waktu tidur

Jika Anda terbiasa tidur terlalu larut cobalah untuk menggeser waktu tidur anda 15 menit lebih awal dari biasanya. Jangan berpikir dengan cara ini akan mengurangi kualitas tidur Anda. Justru akan membuat tubuh anda merubah jam biologis tidur  sehingga waktu tidur pun kembali normal.

6. Matikan elektronik

Dengan mematikan  gadget, lampu bahkan perangkat elektronik yang dapat menimbulkan bunyi seperti kulkas, kipas dan Televisi akan membuat anda lebih fokus untuk tidur. Selain dapat menghemat listik cara ini juga dapat membuat Anda mendisiplinkan diri untuk tidur tepat waktu.

7. Hubungi dokter

Jika Anda masih belum bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, ada baiknya segera hubungi dokter untuk menjalani terapi. Sehingga Anda mendapatkan metode yang tepat untuk mengatasi masalah tidur anda.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :