Misteri Kitab Suci Tersembunyi

Lima Kitab Suci Agama Ini Tak Banyak Diketahui Orang

JAKARTA - Semua umat beragama memiliki kitab suci yang menjadi pedoman hidup. Tujuannya agar dalam menjalani kehidupan, ia tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama. Banyak kitab suci yang sudah akrab di telinga kita seperti Alquran, Injil, Weda, ataupun Tripitaka.

Namun, selain beberapa kitab suci tadi, sebenarnya masih ada kitab suci lainnya yang dimiliki oleh agama-agama di dunia namun tidak populer. Berikut beberapa kitab suci agama yang mungkin jarang sekali terdengar seperti dikutip dari laman boombastis.com.

Yazidi Black Book

Yazidi merupakan sebuah etnik kecil di Timur Tengah yang saat ini mulai ditekan oleh banyak pihak. Etnik Yazidi dianggap menyimpang dalam menjalankan ibadah lantaran menyembah sebuah dewa bernama Tawsi Melek. Sementara penduduk Yazidi tinggal berdampingan dengan lingkungan umat Islam. Tak heran etnik ini kerap mendapat teror dan perlakuan sadis dari kelopok ISIS.

Kaum Yazidi memiliki sebuah kitab suci bernama Yazidi Black Book. Kitab tersebut menceritakan tentang asal-usul dunia dan juga bagaimana cara beribadah dengan baik. Saat ini kitab dari Yazidi banyak sekali dihancurkan karena dianggap menyesatkan dan tidak sesuai dengan ajaran yang berlaku umum di wilayah Irak dan sekitarnya.

Odu Ifa

Kitab suci lainnya yang tidak populer ialah Odu Ifa. Odu Ifa ialah sebuah sistem kitab suci pada agama-agama kuno Afrika yang masih bertahan hingga sekarang. Kitab tersebut mengajarkan, dalam hidup terdapat 16 situasi kehidupan yang berbeda-beda. Situasi ini akan dilipat gandakan dan menjadi 256 kemungkinan.

Odu Ifa adalah sebuah panduan yang akan dibaca melalui sebuah biji-bijian yang dilempar. Posisi biji-bijian itu bakal menentukan nasib sebuah kelompok selama beberapa waktu ke depan. Dalam Odu Ifa pun tertulis bagaimana mereka harus menyikapi pasang surutnya perjalanan kehidupan.

Codex Borgia

Codex Borgia adalah sebuah manuskrip suci yang ditulis oleh Agama Mesoamerika ribuan tahun silam. Kepercayaan ini dibumihanguskan saat Spanyol menduduki wilayah ini, sehingga hanya menyisakan sebuah manuskrip kuno yang sampai saat ini pun diperdebatkan sengit.

Selain berisi tentang astronomi dan masalah ketuhanan. Manuskrip tersebut juga berisi tentang cara hidup yang baik, festival, dan petunjuk hubungan antara manusia-manusia dan manusia-Tuhan.

The Gospel of The Prophet Mani

Dunia pada abad ke-3 masehi tengah mengalami kebimbangan tentang dua buah agama besar yang saling bertolak belakang. Paganisme dan Kristen berjuang memperluas pengaruhnya ke berbagai negara di Eropa dan Asia.

Bermula dari kebimbangan ini seseorang bernama Mani terdorong untuk membuat agama sendiri dan menulis kitab suci sebagai pedoman bagi para pengikutnya yang kala itu jumlahnya sangat banyak.

The Gospel of The Prophet Mani adalah sebuah kitab yang mengajarkan sebuah kebaikan, di mana umatnya dianjurkan untuk melakukan hal terpuji dan meningkatkan spiritualitas diri. Ajaran tersebut menekankan dua hal pokok pada dunia, pertama ialah kegelapan dan yang kedua adalah cahaya. Dua hal ini akan terus berperang sampai kapanpun.

Adapun Manichaeism atau Agama Mani sendiri sangat berpengaruh hingga pengikutnya ada yang berasal dari Tiongkok. Sayangnya pada abad ke-10 agama ini lenyap karena tekanan dari agama Kristen yang saat itu sudah mulai berkembang pesat di daratan Eropa.

Amritbani Guru Ravidass Ji

Amritbani Guru Ravidass Ji adalah kitab suci dari agama Ravidass. Ia merupakan agama yang dikembangkan pada abad ke-14 oleh seorang guru bernama Ravidass.

Setelah bertahan lebih kurang enam abad, agama ini pun memasuki masa kehancuran akibat konflik dengan agama Sikh di abad ke-20. Sejak saat itu pengikut Ravidass sudah mulai berkurang.

Kitab Amritbani Guru Ravidass Ji mengajarkan tentang keesaan Tuhan dan juga bagaimana membangun suatu hubungan dengan Tuhan. Selain itu, ia juga mengajarkan bagaimana memperoleh sebuah moksa dan mengakhiri masa pengembaraan. Pemeluk agama Ravidass di India saat ini telah menembus angka satu juta orang dan diprediksi akan terus bertambah.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :